KEEFEKTIFAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL ANTAR TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2016/2017


Ochelia Eka Widya Saputri , 1301412072 (2016) KEEFEKTIFAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL ANTAR TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412072.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (420kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMK Negeri 1 Purbalingga yang menunjukkan bahwa pada kelas XI AP 3 mempunyai kemampuan interaksi sosial antar teman sebaya yang rendah. Melalui layanan penguasaan konten dengan teknik permainan diharapkan rendahnya interaksi sosial antar teman sebaya siswa dapat ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan penguasaan konten dengan teknik permainan dalam meningkatkan interaksi sosial antar teman sebaya siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian ialah siswa kelas XI AP 3 di SMK Negeri 1 Purbalingga. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis statistik parametris dengan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan gambaran secara umum interaksi sosial antar teman sebaya siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Interaksi sosial antar teman sebaya siswa sebelum dilaksanakan layanan penguasaan konten dengan teknik permainan, menunjukkan kategori sedang yaitu 67%. Interaksi sosial antar teman sebaya siswa setelah dilaksanakan layanan penguasaan konten dengan teknik permainan, menunjukkan kategori tinggi yaitu 78%. Berdasarkan analisis statistik parametris menggunakan uji t-test menunjukkan adanya perbedaan interaksi sosial antar teman sebaya siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan dengan menggunakan taraf signifikansi 5%, hasil analisis uji beda diperoleh thitung adalah (-20,013) danttabel adalah(2,032), jadi thitung (-20,013)>ttabel (2,032). Berdasarkan uraian tersebut, dapat diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara interaksi sosial antar teman sebaya siswa kelas XI AP 3 SMK Negeri 1 Purbalingga sebelum dan setelah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik permainan. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dengan teknik permainan efektif untuk meningkatkan interaksi sosial antar teman sebaya siswa. Saran dalam penelitian ini yaitu guru pembimbing hendaknya dapat memanfaatkan layanan penguasaan konten dengan teknik permainan dalam meningkatkan interaksi sosial antar teman sebaya siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: interaksi sosial antar teman sebaya, layanan penguasaan konten, teknik permainan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 03 Jan 2018 13:43
Last Modified: 03 Jan 2018 13:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28865

Actions (login required)

View Item View Item