PENGARUH LAYANAN INFORMASI MELALUI MEDIA KOMIK DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTS AL-MUAWANAH KENDALDOYONG TAHUN AJARAN 2016/2017


Sintya Afrelian Ristiyani , 13014120764 (2016) PENGARUH LAYANAN INFORMASI MELALUI MEDIA KOMIK DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTS AL-MUAWANAH KENDALDOYONG TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412064.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (338kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena minat belajar siswa relatif rendah yang tampak pada data berikut berikut. 65,6% siswa tidak suka belajar, 71,9% siswa tidak tertarik dengan buku-buku pelajaran, 50,0% siswa sering tidak dapat menyelesaikan tugas sekolah, 50,0% catatan pelajaran tidak lengkap dan teratur, 96,9% siswa sering cemas menghadapi ulangan, 65,6% siswa belajar jika ada ulangan, 81,3% siswa belajar tidak teratur waktunya, 71,9% siswa sulit memulai belajar, 90,6% siswa merasa mengantuk ketika belajar, 87,5% siswa sering merasa malas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi melalui media komik dalam menumbuhkan minat belajar siswa kelas VII Mts Al-Muawanah Kendaldoyong. Penelitian yang dilakukan ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Design yang digunakan adalah pre test post test control group design. Popuulasi penelitian ini adalah 127 siswa kelas VIII Mts Al-Muawanah Kendaldoyong, yang terdiri dar 31 siswa kelas VIII A, 33 siswa kelas VIII B, 32 siswa kelas VIII C, dan 31 siswa kelas VIII D. Sampel dalam penilitian ini yaitu menggunakan sampling purposive yaitu 32 Siswa kelas VIII B sebagai Kelompok control dan 31 siswa kelas VIII D sebagai kelompo eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala psikologis yaitu skala minat belajar yang berjumlah 38 item. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan informasi melalui media komik memiliki pegaruh pengaruh positif terhadap minat belajar pada siswa kelas VII D, dibuktikan dengan peningkatan minat belajar yang dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) minat belajar siswa kelas VII D sebelum memperoleh layanan berada pada kriteria sedang (54,11%); 2) minat belajar siswa kelas VII D stetlah memperoleh layanan berada pada kriteria tinggi (70,59%); 3) adanya pengaruh layanan informasi melalui media komik yang dibuktikan dengan perbedaan dengan minat belajarsebelum dan setelah mendapatkan layanan dengan hasil 16,4%. Hasil uji t menunjukan thitung kurang dari p yang arti hipotesis yang diajukan diterima. Simpulan layanan informasi melalui media komik memiliki pengaruh positif terhadap minat belajar siswa pada kelas VII D. Peneliti menyarankan supaya guru BK MTs Al-Muawanah Kendaldoyong hendaknya dapat mengoptimalkan layanan informasi dengan media yang menarik sebagai salah satu alternatif untuk membantu siswa dalam meningkatkan minat belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, layanan informasi, media komik.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 03 Jan 2018 13:43
Last Modified: 03 Jan 2018 13:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28863

Actions (login required)

View Item View Item