HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GEMUH KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2016/2017


Muhammad Saiful Adib , 1301412055 (2016) HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GEMUH KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412055.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (306kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena keadaan sosial ekonomi masyarakat desa Ringinarum dan perilaku siswa dalam mengikuti kegiatan belajar di SMP 2 Gemuh Kendal yang menunjukkan motivasi siswa dalam berprestasi di sekolah. Keadaan status sosial ekonomi orangtua siswa berada pada kategori kurang baik karena mayoritas orangtua siswa bekerja sebagai petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status sosial ekonomi orangtua dengan motivasi berprestasi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi penelitian sebanyak 243 siswa dan sampel sejumlah 64 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan skala psikologi. Pengujian validitas dan reliabilitas dengan rumus product moment dan rumus Alpha. Analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase dan korelasi product moment. Dari analisis deskriptif persentase dan korelasi product moment menunjukkan bahwa (1) status sosial ekonomi orangtua siswa termasuk dalam kategori kurang baik, (2) motivasi berprestasi siswa termasuk dalam kategori sedang, (3) Terdapat hubungan signifikan antara status sosial ekonomi orangtua dengan motivasi berprestasi, semakin baik status sosial ekonomi orangtua maka akan semakin meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Saran yang diberikan kepada kepala sekolah untuk lebih memberikan sarana dan prasarana berupa fasilitas sekolah yang lebih baik dan bagi guru bimbingan dan konseling untuk lebih mengintensifkan layanan bimbingan dan konseling kelompok untuk lebih mengetahui dan mendalami permasalahan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Sosial Status, Berprestasi, Motivasi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 03 Jan 2018 13:42
Last Modified: 03 Jan 2018 13:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28862

Actions (login required)

View Item View Item