KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 SEMARANG


Annisa Dini Sabila , 1301412052 (2016) KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412052.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (379kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas VII SMP Negeri 11 Semarang yang menunjukkan tingkat penyesuaian diri yang rendah, dengan indikator penyesuaian diri positif dan penyesuaian diri negatif. Rumusan masalah yaitu apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efeektif meningkatkan penyesuaian diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui penyesuaian diri siswa kelas VII SMPN 11 Semarang sebelum dilakukan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, (2) mengetahui penyesuaian diri siswa kelas VII SMPN 11 Semarang setelah dilakukan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, (3) mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa kelas VII SMPN 11 Semarang. Manfaat penelitian ini memperkaya kajian tentang pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap penyesuaian diri siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII, dan sebagai sampelnya adalah 12 siswa kelas VII yang memiliki tingkat penyesuaian diri yang rendah. Teknik sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis penyesuaian diri. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan Uji Wilcoxon Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penyesuaian diri pada siswa : (1) tingkat penyesuaian diri siswa sebelum diberi perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama berada pada kriteria rendah (50,44%), (2) tingkat penyesuaian diri siswa setelah diberi perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama masuk dalam kategori sangat tinggi (82,75%), (3) Hasil Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai t p=0,002 (p<0,05). Artinya hipotesis diterima, hal ini menunjukkan bahwa bimbingan teknik sosiodrama efektif meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas VII SMP N 11 Semarang. Simpulan penelitian ini adalah : (1) penyesuaian diri siswa sebelum dilakukan bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama menunjukkan kategori rendah, (2) penyesuaian diri siswa setelah dilakukan bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama menunjukkan rmasuk kategori sangat tinggi, (3) bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif meningkatkan penyesuaian diri pada siswa. Saran dari penelitian ini adalah : (1) bagi Guru Bimbingan dan Konseling, hendaknya penelitian ini dapat menjadi referensi dalam memotivasi siswa untuk dapat menyesuaikan diri dengan baik, (2) bagi sekolah, agar dapat memberikan fasilitas dan mendukung pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama begitu pula layanan bimbingan dan konseling yang lain, (3) bagi peneliti lain, agar dapat dijadikan sebagai acuan penelitian terdahulu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penyesuaian diri; layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 03 Jan 2018 13:42
Last Modified: 03 Jan 2018 13:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28861

Actions (login required)

View Item View Item