HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN SELF EFFICACY DENGAN ADVERSITY QUESTION SISWA KELAS 9 SMP NEGERI 2 BRANGSONG TAHUN AJARAN 2016/2017 KEC. BRANGSONG KAB. KENDAL


Iin Istianah , 1301412050 (2016) HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN SELF EFFICACY DENGAN ADVERSITY QUESTION SISWA KELAS 9 SMP NEGERI 2 BRANGSONG TAHUN AJARAN 2016/2017 KEC. BRANGSONG KAB. KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412050.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (338kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas 9 SMP N 2 Brangsong yang menunjukkan bahwa siswa motivasi berprestasi, self efficacy, dan adversity quotient siswa rendah yang juga dibuktikan dari hasil penyebaran angket serta hasil wawancara dengan guru Bimbingan Konseling maupun guru mata pelajaran Rumusan masalah yaitu (1) apakah terdapat hubungan motivasi berprestasi dengan adversity quotient siswa kelas 9 SMP Negeri 2 Brangsong, (2) apakah terdapat hubungan self efficacy dengan adversity quotient siswa kelas 9 SMP Negeri 2 Brangsong, (3) apakah terdapat hubungan motivasi berprestasi dan self efficacy dengan adversity quotient siswa kelas 9 SMP Negeri 2 Brangsong. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 224 siswa, menggunakan teknik pengambilan sampel random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologis. Alat pengumpul data menggunakan skala motivasi berprestasi, skala self efficacy, dan skala adversity quotient yang telah diuji validitasnya dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan meliputi analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan adversity quotient siswa di kelas 9 SMP Negeri 2 Brangsong, (2) ada hubungan yang signifikan antara self efficacy dengan adversity quotient siswa di kelas 9 SMP Negeri 2 Brangsong, (3) ada hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dan self efficacy dengan adversity quotient siswa SMP Negeri 2 Brangsong. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diprediksi bahwa semakin tinggi motivasi berprestasi dan self efficacy maka akan semakin tinggi pula adversity quotient yang dimiliki siswa. Oleh karena itu, guru Bimbingan dan Konseling, diharapkan memberikan layanan Bimbingan dan Konseling yang sesuai dengan kebutuhan siswa agar siswa memiliki motivasi berprestasi yang kemudian dapat memunculkan self efficacy dalam diri siswa dengan begitu nantinya akan berdampak pada tumbuhnya kecerdasan daya juang (adversity quotient) siswa dalam menghadapi berbagai situasi dalam kesehariannya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi berprestasi, self efficacy, adversity quotient.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 03 Jan 2018 13:42
Last Modified: 03 Jan 2018 13:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28860

Actions (login required)

View Item View Item