KEEFEKTIFAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VA SD BENDAN NGISOR SEMARANG


Chandra Ayu Puspitarini , 1301412049 (2016) KEEFEKTIFAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VA SD BENDAN NGISOR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412049.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (287kB) | Preview

Abstract

Dalam belajar terkadang siswa mengalami kesulitan. Kesulitan belajar tidak berhubungan langsung dengan tingkat intelegensi siswa, tetapi lebih pada kesulitan siswa dalam menguasai keterampilan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan penguasaan konten dengan teknik self management untuk mengurangi kesulitan belajar siswa di SD Negeri Bendan Ngisor Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre- Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Bendan Ngisor dengan jumlah sample sebanyak 38 siswa dengan menggunakan teknik sampling purposive. Hasil penelitian diolah dengan menggunakan uji wilcoxon dan uji deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa prosentase rata-rata sebelum diberikan perlakuan 58,32% dengan kategori sedang. Setelah diberikan perlakuan menunjukkan prosentase rata-rata 77,37% dengan kategori rendah. Sementara rata-rata selisih penurunan kesulitan belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasan konten dengan teknik self management adalah 19,05%. Simpulan layanan penguasaan konten dengan teknik self management efektif untuk mengurangi kesulitan belajar pada siswa kelas VA SD Negeri Bendan Ngisor Semarang. Dengan demikian layanan penguasaan konten dengan teknik self management efektif unruk menurunkan kesulitan belajar pada siswa kelas VA SD Negeri Bendan Ngisor Semarang. Peneliti menyarankan SD N Bendan Ngisor Kota Semarang untuk memiliki guru Bimbingan dan Konseling. Diharapkan Guru Bimbingan Konseling dan Guru Mapel mampu berkolaborasi untuk mengurangi dan mengetaskan kesulitan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Self Management.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 03 Jan 2018 13:42
Last Modified: 03 Jan 2018 13:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28859

Actions (login required)

View Item View Item