HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 MAJENANG


Laelatul Ngafifah , 1301412048 (2016) HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 MAJENANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412048.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (484kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil Identifikasi Kebutuhan Masalah Siswa (IKMS) yang menunjukkan bahwa dalam bidang karir, siswa memiliki rasa pesimis dengan semakin ketatnya persaingan dalam memasuki pendidikan lanjutan. Derajat permasalahan tersebut sebesar 35,7% dan dikategorikan tinggi. Hal ini menjadi permasalahan bagi siswa dan mempengaruhi self efficacy mereka menjadi dalam pengambilan keputusan studi lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara self efficacy dengan pengambilan keputusan karir studi lanjut ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Majenang yang berjumlah 323 siswa. Teknik Sampling yang digunakan adalah teknik proportional random sampling. Ukuran sampel berdasarkan teknik sampling tersebut adalah 25% dari seluruh jumlah siswa atau 85 siswa. Metode pengumpulan data ini menggunakan skala psikologis, yaitu skala self efficacy dan skala pengambilan keputusan karir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran tingkat self efficacy siswa kelas XII adalah tinggi dengan prosentase sebesar 77,64% dan gambaran tingkat pengambilan keputusan karir adalah sedang dengan prosentase sebesar 67,87%. Dalam penelitian ini terdapat hubungan antara self efficacy dengan pengambilan keputusan karir dengan koefisien korelasi r (0,213) = (0,421, p < 0,01). Simpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang positif dan signifikan antara self efficacy dengan pengambilan keputusan karir. Guru BK dapat membantu siswa untuk meningkatkan pengambilan keputusan karir melalui layanan klasikal teknik diskusi kelompok tentang perguruan tinggi. Sedangkan untuk meningkatkan self efficacy siswa guru BK dapat memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik coping modeling.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self efficacy, Pengambilan Keputusan Karir, Studi Lanjut ke Perguruan Tinggi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 03 Jan 2018 13:42
Last Modified: 03 Jan 2018 13:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28858

Actions (login required)

View Item View Item