PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT TERHADAP PENGURANGAN PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS XII SMK NEGERI 4 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017


Ana Malichah , 1301412037 (2016) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT TERHADAP PENGURANGAN PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS XII SMK NEGERI 4 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412037.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (429kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang terjadi di lapangan bahwa terdapat beberapa siswa yang mengalami masalah perilaku membolos tinggi. Konseling kelompok dengan teknik behavior contract sebagai salah satu layanan dalam bimbingan dan konseling dapat diterapkan guna pengurangan perilaku membolos siswa kelas XII SMK Negeri 4 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian one group pre test-post test design. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XII SMK Negeri 4 Semarang dengan jumlah 8 siswa yang dijadikan sebagai anggota konseling kelompok. Metode pengumpulan data yang utama digunakan adalah skala perilaku membolos. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis data deskriptif persentase, analisis inferensial untuk menguji hipotesis dengan menggunakan rumus wilcoxon match pairs test, serta analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebelum diberikan perlakuan konseling kelompok dengan teknik behavior contract siswa memiliki perilaku membolos yang tinggi dengan persentase sebesar 65% dan setelah diberikan konseling kelompok dengan teknik behavior contract siswa memiliki perilaku membolos yang berada pada kategori cukup dengan persentase sebesar 48%. Pengurangan perilaku membolos siswa sebelum dan sesudah pemberian perlakuan konseling kelompok dengan teknik behavior contract sebesar 17%, artinya terdapat pengaruh positif perilaku membolos siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan konseling kelompok dengan teknik behavior contract. Setiap responden yang menjadi subyek penelitian sekaligus sebagai anggota kelompok pada kegiatan konseling kelompok dengan teknik behavior contract ini memiliki perbedaan pengurangan perilaku membolos yang berbeda-beda. Dari hasil uji wilcoxon, diperoleh hasil = 82,2 > = 1,645, dengan demikian maka Ha diterima. Simpulan dari penelitian ini adalah konseling kelompok dengan teknik behavior contract berpengaruh positif terhadap pengurangan perilaku membolos siswa kelas XII di SMK Negeri 4 Semarang tahun ajaran 2016/2017. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini ialah guru BK SMK Negeri 4 Semarang dapat memanfaatkan layanan konseling kelompok dengan teknik behavior contract dalam menangani masalah membolos siswa serta guru guru yang mengajar siswa di kelas, hendaknya menciptakan lingkungan kelas yang kondusif dan nyaman untuk siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Membolos, Konseling Kelompok teknik behavior contract
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 03 Jan 2018 13:42
Last Modified: 03 Jan 2018 13:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28856

Actions (login required)

View Item View Item