PENERAPAN MODEL INKUIRI MENGGUNAKAN ANALOGI DENGAN PENUGASAN MIND MAP MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH
Noor Innayati , 4401412038 (2016) PENERAPAN MODEL INKUIRI MENGGUNAKAN ANALOGI DENGAN PENUGASAN MIND MAP MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN MODEL INKUIRI MENGGUNAKAN ANALOGI DENGAN PENUGASAN MIND MAP MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH)
- Published Version
Download (899kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran inkuiri menggunakan analogi menerapkan keterampilan proses sains di dalamnya sehingga mampu mengembangkan keterampilan intelektual, berpikir kritis serta menyelesaikan masalah secara ilmiah dan menggunakan analogi sebagai alat untuk merepresentasi agar dapat mengantisipasi terjadinya salah pemahaman konsep pada siswa. Pembelajaran inkuiri menggunakan analogi akan lebih efektif apabila siswa mampu membuat dokumentasi materi dengan menggunakan mind map. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan model pembelajaran inkuiri menggunakan analogi dengan penugasan mind map pada materi sistem pertahanan tubuh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design dengan menggunakan control group pretest-posttest. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Pecangaan, sampel dipilih dengan teknik purposive sampling sejumlah dua kelas. Kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran inkuiri menggunakan analogi dengan penugasan mind map, kelas kontrol hanya diterapkan model pembelajaran inkuiri. Indikator dapat diterapkannya model pembelajaran inkuiri menggunakan analogi materi sistem pertahanan tubuh apabila : (1) Hasil belajar kognitif (nilai posttest) kelas eksperimen > kelas kontrol, nilai posttest dianalisis uji t untuk mengetahui apakah nilai posttest kedua kelas berbeda secara signifikan; (2) Ketuntasan klasikal minimal > 75% siswa memenuhi nilai KKM (75), data untuk menentukan ketuntasan klasikal didapatkan dari jumlah nilai ratarata LDS, rata-rata nilai penugasan dan 3X nilai posttest dibagi 5; (3) Skor N gain kelas eksperimen > kelas kontrol, data untuk menghitung N gain adalah nilai pretest dan posttest siswa; (4) keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen > kelas kontrol, data keterampilan proses sains sebagai nilai psikomotorik dianalisis dengan membandingkan nilai aspek kedua kelas. Hasil perhitungan uji t menunjukkan nilai posttest siswa kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol secara signifikan. Perhitungan N-gain dengan kriteria tinggi dan sedang pada kelas eksperimen (82,86%) lebih tinggi bila dibadingkan dengan kelas kontrol (61,11%). Ketuntasan belajar kognitif siswa kelas eksperimen secara klasikal mencapai KKM sebesar 85%. Keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen dengan kriteria sangat baik lebih tinggi (71,42%) bila dibandingkan dengan kelas kontrol (25%). Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri menggunakan analogi dengan penugasan mind map dapat diterapkan pada pembelajaran sistem pertahanan tubuh.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri menggunakan analogi, keterampilan proses sains, mind map |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Instructional Media L Education > L Education (General) > Learning Model Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 03 Jan 2018 13:00 |
Last Modified: | 03 Jan 2018 13:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28848 |
Actions (login required)
View Item |