PENERAPAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING PADA KONSEP SISTEM PERTAHANAN TUBUH DI KELAS XI


Elita Kurnianti , 4401412037 (2016) PENERAPAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING PADA KONSEP SISTEM PERTAHANAN TUBUH DI KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING PADA KONSEP SISTEM PERTAHANAN TUBUH DI KELAS XI]
Preview
PDF (PENERAPAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING PADA KONSEP SISTEM PERTAHANAN TUBUH DI KELAS XI) - Published Version
Download (390kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengalaman pada pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan di SMA Negeri 1 Demak, metode yang digunakan dalam pembelajaran biologi adalah metode ceramah. Hal ini menyebabkan siswa merasa bosan dan kurang termotivasi untuk belajar sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Sistem pertahanan tubuh merupakan materi yang sulit untuk dikuasai oleh siswa karena materi yang dipelajari cenderung abstrak. Masalah tersebut diprediksi dapat diatasi dengan pembelajaran menggunakan pendekatan Brain Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh penerapan pendekatan Brain Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem pertahanan tubuh di kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment yang menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah delapan kelas pada kelas XI Jurusan MIA SMA Negeri 1 Demak yang terdaftar pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ditentukan secara Purposive Sampling, yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan siswa secara klasikal pada kelas eksperimen sebesar ≥ 80% yaitu mencapai 88,09% sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 66,67%. Analisis hasil belajar psikomotorik pada kelas eksperimen sebesar 30,95% pada kriteria sangat baik dan 69,05% pada kriteria baik, sedangkan kelas kontrol memperoleh persentase 23,81% pada kriteria sangat baik dan 76,19% pada kriteria baik. Analisis hasil belajar afektif siswa pada kelas eksperimen sebesar 23,81% pada kriteria sangat aktif, 57,14% aktif dan 19,05% cukup, sedangkan kelas kontrol memperoleh persentase 7,14% sangat aktif, 50% aktif, 38,10% cukup dan 4,76% kurang aktif. Hasil uji t menunjukkan thitung 4,2606 > ttabel 1,9893 dengan taraf signifikan 0,05 sehingga dapat terlihat adanya perbedaan peningkatan hasil belajar kedua kelas. Uji N gain kelas eksperimen sebesar 0,75213, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,57739. Uji t rata-rata skor N gain dengan thitung sebesar 6.92307 > ttabel sebesar 1,98931. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Brain Based Learning pada materi sistem pertahanan tubuh berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Katakunci: Brain Based Learning, sistem pertahanan tubuh
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 03 Jan 2018 12:52
Last Modified: 03 Jan 2018 12:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28847

Actions (login required)

View Item View Item