KEEFEKTIFAN KERJASAMA DALAM PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERPENDEKATANREALISTIS BERBANTUAN WORKSHEETTERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH


Fahman Almafazani , 4101409044 (2016) KEEFEKTIFAN KERJASAMA DALAM PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERPENDEKATANREALISTIS BERBANTUAN WORKSHEETTERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101409044.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (520kB) | Preview

Abstract

Secara umum guru dalam mengajarkan konsep matematika cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu model pembelajaran yang masih menekankan pada penalaran deduktif dan berpusat pada guru. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Matematika kelas VII SMP Eka Sakti Semarang diperoleh informasi bahwa pembelajaran matematika masih dilaksanakan dengan menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga nilai rata-rata hasil belajar peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian ketuntasan belajar peserta didik melalui penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving pendekatan realistis berbantuan worksheet. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Eka Sakti Semarang yang berjumlah 226 orang (enam kelas). Melalui teknik Cluster Random Sampling, pengambilan sampel penelitian dilakukan dalam dua tahap, yaitu: (1) menentukan dua kelas secara acak, dan (2) menentukan jumlah sampel secara acak menggunakan tabel Krecjie, sehingga diperoleh kelas VII Budaya sebagai kelas eksperimen (40 orang) dan kelas VII Nusa sebagai kelas kontrol (34 orang). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kerjasama dalam pembelajaran Creative Problem Solving dengan pendekatan realistis, dan variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan: (1) Uji t pihak kanan, untuk menguji tingkat ketuntasan individual; (2) Uji z, untuk menguji tingkat ketuntasan klasikal; (3) Uji regresi untuk menguji besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat; dan (4) Uji t perbedaan rata-rata, untuk menguji perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) peserta didik kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar secara individual; (2) peserta didik kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal; (3) besarnya pengaruh kerjasama terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik adalah 56,7%; dan (4) kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving; Kerjasama; Pemecahan Masalah; Pendekatan Realistis.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 03 Jan 2018 12:46
Last Modified: 03 Jan 2018 12:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28846

Actions (login required)

View Item View Item