PENERAPAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 DEMAK


Dwi Apriyani , 4401412035 (2016) PENERAPAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 DEMAK]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 DEMAK) - Published Version
Download (532kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran biologi di SMA Negeri 3 Demak umumnya belum berorientasi untuk mengembangkan kemampuan literasi sains siswa karena hanya menitikberatkan pada hasil belajar kognitif dan belum mengembangkan aspek konteks, kompetensi, pengetahuan dan sikap sains. Model Eliciting Activities merupakan alternatif pembelajaran biologi yang secara teoritis merupakan pembelajaran yang menarik, mampu meningkatkan aktivitas siswa, dan melibatkan bentuk pengalaman siswa secara langsung terhadap masalah nyata dan solusi yang diajukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan Model Eliciting Activities materi sistem pertahanan tubuh untuk mengembangkan kemampuan literasi sains siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Demak. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment yang menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ditentukan secara Purposive Sampling, yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol. Data penelitian berupa data hasil tes literasi sains, aktivitas siswa, data tanggapan siswa dan keterlaksanaan pembelajaran. Data hasil tes literasi sains dianalisis menggunakan uji t dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan MEAs pada kelas eksperimen berbeda signifikan terhadap kelas kontrol dengan analisis hasil tes literasi sains, uji t menunjukkan thitung 11,544> ttabel 1,671 dengan taraf signifikan 0,05 sehingga dapat terlihat adanya perbedaan peningkatan hasil belajar kedua kelas. Uji N-gain kelas eksperimen 100% berada pada kategori sedang sampai tinggi, sedangkan kelas kontrol 87% kategori sedang sampai tinggi. Uji t rata-rata skor N-gain dengan thitung 4,89 > ttabel 1,671. Analisis aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu dengan persentase kriteria sangat aktif dan aktif untuk kelas eksperimen 90,31%, sedangkan kelas kontrol 63,15%. Siswa memberikan tanggapan baik terhadap pembelajaran MEAs karena membantu siswa memahami materi sistem pertahanan tubuh dengan belajar mengkonstruksi pengetahuan secara kontekstual. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Eliciting Activities materi sistem pertahanan tubuh berpengaruh untuk mengembangkan kemampuan literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi sains, Model Eliciting Activities, sistem pertahanan tubuh
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 03 Jan 2018 12:46
Last Modified: 03 Jan 2018 12:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28845

Actions (login required)

View Item View Item