PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA VISUAL INTERAKTIF BERBASIS REN'PY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SPLDV


Wahyu Nugroho Setiawan , 4101409007 (2016) PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA VISUAL INTERAKTIF BERBASIS REN'PY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SPLDV. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101409007.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (650kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran matematika SMP Negeri 2 Boja, peserta didik kelas VIII masih mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang berbentuk pemecahan masalah dalam materi SPLDV. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan model yang menunjang dalam pembelajaran yang mudah dan menyenangkan. Model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media visual interaktif berbasis Ren'py. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah: (1) kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media pembelajaran visual interaktif berbasis Ren'py lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori; (2) kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teachingdengan menggunakan media pembelajaran visual interaktif berbasis Ren'py mencapai ketuntasan klasikal; (3) proporsi ketuntasan klasikal peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media pembelajaran visual interaktif berbasis Ren'py lebih tinggi dari ketuntasan klasikal peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori; dan (4) rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media pembelajaran visual interaktif berbasis Ren'py mencapai KKM. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Boja. Dengan teknik cluster random sampling dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian. Kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Peserta didik kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan klasikal. Proporsi ketuntasan klasikal peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen mencapai KKM. Simpulan yang diperoleh adalah kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media visual interaktif berbasis Ren'py pada materi SPLDV lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Quantum Teaching, Ren'py.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 03 Jan 2018 12:39
Last Modified: 03 Jan 2018 12:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28842

Actions (login required)

View Item View Item