EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKS SMART (SOLVING, MANIPULATION, AND STORY TELLING) BERBASIS GUIDED INQUIRY MATERI SISTEM RESPIRASI


Deviani , 4401412031 (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKS SMART (SOLVING, MANIPULATION, AND STORY TELLING) BERBASIS GUIDED INQUIRY MATERI SISTEM RESPIRASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKS SMART (SOLVING, MANIPULATION, AND STORY TELLING) BERBASIS GUIDED INQUIRY MATERI SISTEM RESPIRASI]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKS SMART (SOLVING, MANIPULATION, AND STORY TELLING) BERBASIS GUIDED INQUIRY MATERI SISTEM RESPIRASI) - Published Version
Download (640kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SMA N 1 Kajen, diketahui bahwa hasil belajar kognitif siswa materi sistem respirasi belum maksimal dengan presentase ketuntasan klasikal siswa dengan KKM ≥75 masih <60%. Hal ini disebabkan objek kajian sistem respirasi terdiri atas sistem organ yang bersifat abstrak dan kualitas proses pembelajaran yang cenderung masih berpusat pada guru. Masalah tersebut diprediksi dapat diatasi dengan pembelajaran menggunakan LKS SMART (Solving, Manipulation, and Story Telling) Berbasis Guided Inquiry. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas 11 MIPA SMA N 1 Kajen tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ditentukan secara Purposive Sampling, yaitu kelas 11 MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas 11 MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan klasikal pada kelas eksperimen sebesar 86,2% telah mencapai salah satu indikator efektif sebesar ≥ 80%, sedangkan kelas kontrol sebesar 83,4%. Hasil uji t menunjukkan thitung 3,834> ttabel 1,66691 dengan taraf signifikan 0,05 sehingga terlihat adanya perbedaan hasil belajar yang siginifikan dari kedua kelas. Uji N gain kelas eksperimen 100% berada pada kategori sedang sampai tinggi, telah tercapai indikator ≥ 80% untuk kategori sedang sampai tinggi. Berdasarkan analisis aspek afektif, baik sikap spiritual maupun sosial karakteristik kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol yaitu 100% dengan kriteria sangat baik, sedangkan kelas kontrol diperoleh afektif spiritual 97,23% dan sosial karakateristik 66,67% dengan kriteria sangat baik. Secara psikomotorik kelas eksperimen diperoleh 47,22% dengan kriteria sangat baik, sedangkan kelas kontrol hanya 27,77% dengan kriteria sangat baik. Secara psikomotorik, kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yaitu 47,22% dengan kriteria sangat baik, sedangkan kelas kontrol hanya 27,77% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS SMART berbasis Guided Inquiry efektif diterapkan pada pembelajaran materi sistem respirasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Guided Inquiry, Hasil Belajar Siswa, LKS SMART.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 03 Jan 2018 12:32
Last Modified: 03 Jan 2018 12:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28841

Actions (login required)

View Item View Item