PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA


Andri Aprilianto , 4101408200 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101408200.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (496kB) | Preview

Abstract

Pendekatan pembelajaran konvensional yang cenderung kurang menyentuh aspek aktivitas peserta didik secara terus menerus harus dibenahi ke arah yang lebih baik dalam upaya untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dengan tidak meninggalkan aspek aktivitas dan interaksi antarpeserta didik. Pembenahan terhadap aspek aktivitas dan interaksi peserta didik dalam proses pembelajaran dapat dilakukan dengan cara menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) berbantuan media pembelajaran berbasis android. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan tingkat ketuntasan hasil belajar peserta didik antara pembelajaran dengan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media pembelajaran berbasis android dan model pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPIT Bina Amal Semarang semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling sehingga terpilih 2 kelas yaitu kelas VIII Maryam Binti Imran sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII Khadijah Binti Khuwailid sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata prestasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan rata-rata prestasi belajar peserta didik pada kelas kontrol. Ini menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT berbantuan media pembelajaran berbasis android lebih baik daripada prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan metode ekspositori. Berdasarkan uji ketuntasan belajar, diperoleh � �� �1,71 947, 95 26 0. � � � tt hitung yang menunjukkan bahwa rata-rata prestasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar. Simpulan penelitian ini adalah (1) hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi Prisma menggunakan model pembelajaran NHT berbantuan media pembelajaran berbasis android lebih baik daripada hasil belajar peserta didik mengunakan pembelajaran ekspositori (2) hasil belajar peserta didik mengunakan model pembelajaran NHT berbantuan media pembelajaran berbasis android pada materi Prisma dapat mencapai ketuntasan belajar sesuai KKM yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together, Media Pembelajaran dan Android.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 03 Jan 2018 12:26
Last Modified: 03 Jan 2018 12:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28838

Actions (login required)

View Item View Item