BUKU POP-UP SEBAGAI MEDIA DALAM MENSTIMULASI KETERAMPILAN BERIMAJINASI ANAK USIA 3-6 TAHUN
Aristra Syifa Devi , 4090032411 (2016) BUKU POP-UP SEBAGAI MEDIA DALAM MENSTIMULASI KETERAMPILAN BERIMAJINASI ANAK USIA 3-6 TAHUN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (403kB) | Preview |
Abstract
Kanak-kanak merupakan masa seorang anak cenderung lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain dalam kesehariannya. Anak usia 3-6 tahun memiliki kemampuan dalam menangkap segala sesuatu yang ada di lingkungan. Dalam hal ini anak hendaknya diperkenalkan pengetahuan dasar yang diberikan baik di sekolah maupun di rumahnya. Stimulus dapat diberikan kepada anak mulai dari mengenal aneka bentuk, angka, huruf, warna, dan benda-benda di sekitarnya, agar perbendaharaan kosakatanya semakin banyak. Bentuk dan warna benda pada gambar yang bernuansa tiga dimensi (3D) dapat merangsang perkembangan imajinasi anak. Tampilan gambar yang bernuansa 3D biasanya disebut dengan pop-up. Gambar ilustrasi pop-up merupakan sesuatu yang baru dan menarik untuk anak yang akan memberikan pengalaman berbeda karena anak akan melihat bentuk gambar yang bergerak atau berubah bentuk jika bagian tertentu dibuka. Buku pop-up adalah buku yang memiliki bagian yang dapat bergerak atau bernuansa 3 dimensi (3D), sehingga dapat menarik perhatian anak-anak. Buku pop-up memiliki banyak keunggulan di antaranya: imajinasi anak akan lebih berkembang dengan tampilan yang menarik dengan bermacam warna dan bentuk, anak akan terstimulasi dengan tampilan gambar yang dapat bergerak. Pada proyek studi ini penulis membuat buku pop-up dengan tema yang akrab dengan dunia anak. Dari berbagai macam tema yang ada, penulis memilih 5 tema yang sangat dekat dengan keseharian anak, yaitu: tema agama, tema binatang, tema profesi, tema transportasi, dan tema binatang laut. Tujuan proyek studi ini menciptakan media alternatif untuk menstimulasi keterampilan berimajinasi khususnya pada anak usia 3-6 tahun melalui gambar ilustrasi buku pop-up dan menerapkan keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki penulis dalam menciptakan gambar ilustrasi buku pop-up sebagai media alternatif dalam menstimulasi keterampilan berimajinasi pada anak usia 3-6 tahun. Metode berkarya pada proyek studi ini terdiri dari media berkarya dan proses berkarya. Media yang digunakan pada proyek studi ini meliputi alat tulis kantor, printer scanner, komputer, dan software, sedangkan bahannya meliputi kertas, bahan perekat, dan refil tinta Canon color. Tahapan-tahapan pada proses berkarya meliputi tahapan awal yaitu menemukan ide dan menetapkan tujuan yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan analisis khalayak sasaran yaitu anak usia 3-6 tahun dengan memperhatikan sisi demografi, geografi, dan ix psikografi. Tahapan selanjutnya adalah tahap produksi yang dimulai dengan membuat sket, dummy, proses scanning, proses outline, proses colouring, cetak prototipe, cetak, gunting, lipat, tempel, dan penjilidan. Tahapan terakhir proses berkarya ini merupakan tahapan pasca produksi yaitu tahapan karya yang dibuat penulis dikonsultasikan kepada dosen pembimbing kemudian dipamerkan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku pop-up, media stimulasi, keterampilan imajinasi, anak usia 3-6 tahun. |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR N Fine Arts > NX Arts in general |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | Indah Tri Pujiati |
Date Deposited: | 03 Jan 2018 12:15 |
Last Modified: | 03 Jan 2018 12:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28835 |
Actions (login required)
View Item |