PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLASH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP KELAS VII PADA TEMA KALOR DAN PERPINDAHANNYA


Bagus Addin Hutomo , 4001412036 (2016) PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLASH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP KELAS VII PADA TEMA KALOR DAN PERPINDAHANNYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001412036.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (285kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model active learning berbantuan media flash terhadap pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa pada tema kalor dan perpindahannya. Jenis penelitian ini yaitu quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII C (kelas eksperimen) dan VII A (kelas kontrol) SMPN 1 Ungaran. Data diambil dengan metode tes (pemahaman konsep) dan observasi (aktivitas belajar siswa). Uji hipotesis yang dipakai yaitu uji perbedaan dua rata-rata (pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman konsep (posttest) kelas eksperimen (87,22) lebih tinggi dari kelas kontrol (75,83). Pengaruh penerapan model active learning berbantuan media flash dapat dilihat dari peningkatan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dengan nilai gain sebesar 0,59 (kategori sedang) dan kelas kontrol sebesar 0,27 (kategori rendah). Besarnya rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen (83,90) juga lebih besar daripada kelas kontrol (76,28). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan model active learning berbantuan media flash pada tema kalor dan perpindahannya berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep siswa sebesar 54,06 % dengan nilai koefisen korelasi sebesar 0,74 (kategori kuat) dan berpengaruh positif terhadap aktivitas belajar siswa sebesar 85,54 % dengan nilai koefisen korelasi sebesar 0,92 (kategori sangat kuat).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: active learning, media flash, pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 03 Jan 2018 12:00
Last Modified: 03 Jan 2018 12:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28832

Actions (login required)

View Item View Item