PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI MELALUI MEDIA ANIMASI BERBASIS KOMPUTER DENGAN METODE RESITASI PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM DATUK SINGARAJA
Ahmad Rudiansyah , 2101406657 (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI MELALUI MEDIA ANIMASI BERBASIS KOMPUTER DENGAN METODE RESITASI PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM DATUK SINGARAJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI MELALUI MEDIA ANIMASI BERBASIS KOMPUTER DENGAN METODE RESITASI PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM DATUK SINGARAJA)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Keterampilan siswa dalam menulis, khususnya menulis paragraf narasi masih rendah. Pembelajaran menulis paragraf narasi yang diberikan oleh guru belum memberikan hasil yang maksimal bagi siswa. Di kelas VII SMP Islam Datuk Singaraja Kabupaten Jepara, banyak siswa masih memiliki kemampuan menulis paragraf narasi yang rendah. Rendahnya keterampilan menulis paragraf narasi siswa kelas VII SMP Islam Datuk Singaraja Kabupaten Jepara ini disebakan oleh kurangnya pemahaman siswa mengenai tulisan paragraf narasi, sulitnya siswa menemukan ide untuk dituangkan dalam bentuk tulisan, metode yang digunakan oleh guru juga masih bersifat konvensional yaitu metode ceramah, guru kurang kreatif menggunakan media pembelajaran. Kejadian ini merupakan suatu permasalahan yang perlu segera ditemukan pemecahan masalahnya. Salah satu upaya yang dapat dijadikan alternatif pemecahan masalahan tersebut adalah dengan menggunakan media animasi berbasis komputer dan metode resitasi dalam pembelajaran menulis paragraf narasi. Berdasarkan uraian tersebut, permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimana peningkatan ketemapilan menulis paragraf narasi siswa kelas VII SMP Islam Datuk Singaraja Kabupaten Jepara dengan menggunakan media media animasi berbasis komputer dan metode resitasi, (2) bagaimana perubahan tingkah laku siswa kelas kelas VII SMP Islam Datuk Singaraja Kabupaten Jepara setelah diberi pembelajaran menulis paragraf narasi dengan media animasi berbasis komputer dan metode resitasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendiskripsikan peningkatan keterampilan menulis paragraf narasi siswa kelas VII SMP Islam Datuk Singaraja Kabupaten Jepara dengan menggunakan media media animasi berbasis komputer dan metode resitasi, (2) mendiskripsikan perubahan tingkah laku siswa kelas VII SMP Islam Datuk Singaraja Kabupaten Jepara dengan menggunakan media animasi berbasis komputer dan metode resitasi. Subjek penelitian ini siswa kelas VII SMP Islam Datuk Singaraja Kabupaten Jepara. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf narasi dan media animasi berbasis komputer dengan metode resitasi. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui perhitungan dari masing-masing siklus kemudian dibandingkan, yaitu antara hasil siklus I dengan hasil siklus II. Hasil ini akan memberikan gambaran mengenai persentase peningkatan keterampilan menulis paragraf narasi dengan media animasi berbasis komputer dan metode resitasi, sedangkan teknik nontes yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif dipakai untuk menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes menulis paragraf narasi pada siklus I dan II. Keterampilan menulis narasi pada siswa kelas XI VII SMP Islam Datuk Singaraja Kabupaten Jepara meningkat setelah menggunakan media animasi berbasis komputer dan metode resitasi sebesar 10,69 atau sebesar 10,69%. Ratarata skor pada siklus II menunjukan peningkatan dibandingkan dengan rata-rata skor pada Siklus I, yaitu 67,47 menjadi 78,16 pada siklus II. Perubahan tingkah laku yang tampak dalam pembelajaran menulis paragraf narasi dengan menggunakan media animasi berbasis komputer dan metode resitasi, yaitu siswa merasa senang, lebih bersemangat, aktif, dan lebih mandiri dalam mengerjakan tugasnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan supaya guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya menggunakan media animasi berbasis komputer dan metode resitasi dalam kegiatan menulis paragraf narasi. Saran yang ditujukan kepada peneliti lain adalah agar melaksanakan penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan aspek yang lain, untuk khasanah ilmu bahasa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis paragraf narasi, media animasi berbasis komputer, metode resitasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 15 Jul 2011 03:31 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2883 |
Actions (login required)
View Item |