PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SCIENCE EDUTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP


Umi Roufatuz Zahro’ , 4001412029 (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SCIENCE EDUTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001412029.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (223kB) | Preview

Abstract

Penelitin ini menggunakan model problem based learning berbasis science edutainment bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran problem based learning berbasis science edutainment, menyajikan sebuah permasalahan pada setiap konsep materi berbasis permainan. Karakteristik utama model pembelajaran yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan sebuah kartu permainan dalam membantu siswa memahami materi berbasis permasalahan dengan cara yang menghibur. Secara sederhana, kartu masalah yang diberikan membantu siswa mengetahui konsep materi sendiri dengan cara yang menghibur karena pada kartu tersebut ada aturan permainan dan skor yang diperoleh ketika bermain. Hasil analisis korelasi antara problem based learning berbasis science edutainment dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh indeks korelasi rhitung sebesar 0,61. Besarnya hubungan antara model problem based learning berbasis science edutainment dengan kemampuan berpikir kritis siswa ditentukan dengan koefisien determinasi (r2), dimana harga r2 adalah 0,378. Hal tersebut berarti 37,80% hasil kemampuan berpikir kritis siswa ditentukan/dipengaruhi oleh model problem based learning berbasis science edutainment dan 62,2% ditentukan oleh faktor lain. Nilai korelasi tersebut dibandingkan dengan rtabel senilai 0,398. Indeks korelasi berdasarkan perhitungan lebih besar nilainya dibandingkan dengan rtabel, sehingga disimpulkan bahwa penerapan problem based learning berbasis science edutainment pada kelas eksperimen berpengaruh secara positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas tersebut. Harga rhitung sebesar 0,61 dapat diinterpretasikan bahwa pengaruh dari problem based learning berbasis science edutainment terhadap kemampuan berpikir kritis siswa adalah kuat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Science Edutainment, dan Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 03 Jan 2018 10:45
Last Modified: 03 Jan 2018 10:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28829

Actions (login required)

View Item View Item