EFEKTIVITAS LKS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII PADA TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN


Cindy Paramita Citradevi , 4001412027 (2016) EFEKTIVITAS LKS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII PADA TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001412027.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (212kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran IPA tidak hanya belajar bagaimana mengingat materi, tetapi juga menguasai keterampilan proses sains (KPS) dan mengaplikasikannya dalam kerja ilmiah. Melalui KPS dalam proses pembelajaran (IPA), pembelajaran tidak lagi terfokus pada hasil akhir saja, melainkan juga pada proses. Siswa didorong mengkonstruksi pengetahuannya sendiri, hal ini dilakukan agar siswa mampu memahami dan menerapkan pengetahuannya. Kegiatan proyek merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang sesuai untuk mengembangkan KPS, di mana melalui sebuah proyek siswa dapat terlibat secara aktif dalam pembelajaran sehingga mampu memahami konsep yang diajarkan. Kegiatan proyek dapat difasilitasi dengan sebuah bahan ajar berupa LKS, karena lebih praktis dalam penggunaannya. Penelitian ini menggunakan LKS PjBL yang memadukan LKS dengan model project based learning (PjBL) sebagai media siswa untuk meningkatkan KPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan LKS PjBL terhadap KPS dan hasil belajar kognitif siswa pada tema pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi experimental design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 7 Magelang dengan subjek penelitian siswa kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase KPS siswa kelas eksperimen adalah 91% dengan kriteria sangat baik, sedangkan untuk kelas kontrol rata-rata presentase KPS siswa adalah 45% dengan kriteria kurang baik. Hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan nilai N-gain sebesar 0.46 dengan kriteria sedang. Serta kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai pemahaman konsep lebih tinggi dibanding kelas kontrol berdasarkan perhitungan ttest dengan nilai thitung ≥ ttabel (4.80≥1.67). Dengan demikian, LKS PjBL efektif digunakan untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKS, project based learning, keterampilan proses sains.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 03 Jan 2018 10:40
Last Modified: 03 Jan 2018 10:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28828

Actions (login required)

View Item View Item