PENGARUH PENGGUNAAN WAYANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM GERAK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR


Aprilia Putri Astuti , 4401412015 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN WAYANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM GERAK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN WAYANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM GERAK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR]
Preview
PDF (PENGARUH PENGGUNAAN WAYANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM GERAK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR) - Published Version
Download (814kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kesulitan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Semarang adalah media dan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Penggunaan wayang sebagai media menarik perhatian siswa.Wayang menarik minat siswa dalam mempelajari sesuatu. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan wayang sebagai media pembelajaran sistem gerak terhadap minat dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 25 Semarang. Desain penelitian Quasi Experimental Design dengan rancangan Two Group Posttest Only. Populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Semarang yang berjumlah 286 siswa dan terdiri 8 kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik Simple Random Sampling yaitu siswa kelas VIII B dan VIII E sebagai kelas eksperimen, serta siswa kelas VIII A dan VIII F sebagai kelas kontrol. Tingkat keterlaksanaan pembelajaran diukur menggunakan pengukuran respon siswa. Hasil pengukuran respon siswa sebanyak 61 siswa tuntas dan 9 siswa tidak tuntas. Ketuntasan klasikal sebesar 87,17% membuktikan bahwa pelaksanaan pembelajaran sistem gerak pada manusia menggunakan media wayang dapat dipahami dengan baik oleh siswa. Tingkat keterlaksanaan pembelajaran dikatakan berhasil jika ketuntasan klasikal siswa ≥ 80%. Rata-rata nilai akhir siswa kelas eksperimen 79,18 dan kelas kontrol 70,68. Didukung hasil analisis Uji T diperoleh thitung 6,51 dan ttabel 1,66. Nilai thitung lebih besar dari ttabel berarti media wayang berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis lembar tanggapan minat siswa diperoleh rata-rata 85,30% kriteria sangat baik. Berarti siswa memiliki tanggapan yang positif dan media wayang mempengaruhi minat siswa terhadap pembelajaran. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa media wayang yang digunakan dalam pembelajaran sistem gerak berpengaruh positif terhadap minat dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Katakunci : hasil belajar, media wayang, minat, pembelajaran sistem gerak.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 02 Jan 2018 18:51
Last Modified: 02 Jan 2018 18:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28827

Actions (login required)

View Item View Item