EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN BAHAN AJAR BERBASIS KONSEP MATERI VERTEBRATA


Ariza Naila Safufia , 4401412010 (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN BAHAN AJAR BERBASIS KONSEP MATERI VERTEBRATA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN BAHAN AJAR BERBASIS KONSEP MATERI VERTEBRATA]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN BAHAN AJAR BERBASIS KONSEP MATERI VERTEBRATA) - Published Version
Download (344kB) | Preview

Abstract

Materi biologi khususnya vertebrata yang disampaikan di SMA Kesatrian 1 Semarang dalam kegiatan pembelajaran belum menerapkan pembelaran inkuiri terbimbing. Pembelajaran masih berpusat pada guru dengan metode ceramah menggunakan buku sekolah membuat siswa cenderung pasif. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang mencapai KKM ≥75 masih ≤50%. Karakteristik materi vertebrata yaitu identifikasi dan penerapan prinsip klasifikasi sehingga menuntut siswa untuk memahami dan menemukan konsep materi. Model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan bahan ajar berbasis konsep merupakan solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut karena menuntut siswa untuk memahami dan menemukan konsep materi secara mandiri namun guru tetap menjadi fasilitator siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment yang menggunakan desainpenelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Kesatrian 1 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ditentukan secara Purposive Sampling, yaitu kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 6 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan siswa secara klasikal pada kelas eksperimen mencapai 83,3% sedangkan kelas kontrol sebesar 55,5%. Analisis aspek afektif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yaitu dengan criteria sangat baik untuk kelas eksperimen sebesar 81,09%, sedangkan kelas kontrol diperoleh sikap dengan kriteria baik sebesar 61,2%. Analisis aspek psikomotorik siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yaitu dengan persentase kriteria sangat baik sebesar 92,2%, sedangkan kelas kontrol diperoleh kriteria sangat baik sebesar 84,5%. Hasil uji t menunjukkan thitung 8,114> ttabel 1,994 dengan taraf signifikan 0,05 sehingga dapat terlihat adanya perbedaan peningkatan hasil belajar kedua kelas. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan bahan ajar berbasis konsep efektif diterapkan pada materi vertebrata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil belajar siswa, inkuiri terbimbing, materi vertebrata
Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 02 Jan 2018 18:41
Last Modified: 02 Jan 2018 18:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28825

Actions (login required)

View Item View Item