ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI MANUSIA DAN LINGKUNGAN DIKAITKAN FAKTOR BELAJAR SISWA DI KELAS


Mery Tantiya Dwi Putri , 4401412007 (2016) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI MANUSIA DAN LINGKUNGAN DIKAITKAN FAKTOR BELAJAR SISWA DI KELAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI MANUSIA DAN LINGKUNGAN DIKAITKAN FAKTOR BELAJAR SISWA DI KELAS]
Preview
PDF (ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI MANUSIA DAN LINGKUNGAN DIKAITKAN FAKTOR BELAJAR SISWA DI KELAS) - Published Version
Download (555kB) | Preview

Abstract

Ilmu Biologi merupakan ilmu yang objek pembelajarannya adalah makhluk hidup serta lingkungan sekitar sehingga dalam proses belajar, siswa memiliki berbagai konsep yang perlu diintegrasikan antara konsep materi yang berasal dari lingkungan sekitar dengan pembelajaran di kelas agar tidak terjadi kesalahan konsep.. Penelitian ini memilih materi Manusia dan Lingkungan disebabkan materi ini sering dianggap mudah oleh siswa dan guru namun ketika dilakukan evaluasi dengan ulangan harian, hasil yang diperoleh siswa hanya sedikit yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sehingga harus diteliti seberapa besar penguasaan konsep serta pemahaman konsep siswa setelah pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa materi Manusia dan Lingkungan dikaitkan dengan faktor belajar siswa. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptifkualitatifdengan metode survei, serta teknik presentase. Uji keabsahan data dengan triangulasi teknik yaitu tes diagnostikpretest dan posttest, wawancara siswa dan observasi pembelajaran dengan analisis data dengan triangulasi teknik. Penelitian dilakukan pada 64 siswa dari kelas VII A dan VII H pada 2 guru yang berbeda. Hasil yang didapatkan adalah secara umum siswa padasemuaindikator memiliki tingkat pemahaman cukup pada konsep materi Manusia dan Lingkungan. Tingkat pemahaman ini belum memenuhi ketuntasan tujuan pembelajaran yang dilakukan guru karena hanya 13% siswa kelas VII A serta 6% kelas VII H yang mencapai nilai KKM IPA yaitu 75. Tingkat pemahaman tersebut banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitumetode pembelajaran yang dilakukan guru, alokasi jam pertemuan materi yang tidak sesuai silabus, kurang lengkapnya materi dalam buku acuan dan tidak semua siswa memiliki buku acuan, serta masalah minatbelajar dari siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh maka saran yang dapat diberikan ialah guru hendaknya melakukan pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student Center) seperti menggunakan pembelajaran dengan pendekatan JAS untuk materi Manusia dan Lingkungan sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Katakunci: faktor belajar, materi manusia dan lingkungan, pemahamankonsep.
Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 02 Jan 2018 18:35
Last Modified: 02 Jan 2018 18:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28824

Actions (login required)

View Item View Item