PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE ESTAFET STORYTELLING PADA MATERI SISTEM KOORDINASI


Siti Zubaidah , 4401412006 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE ESTAFET STORYTELLING PADA MATERI SISTEM KOORDINASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE ESTAFET STORYTELLING PADA MATERI SISTEM KOORDINASI]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE ESTAFET STORYTELLING PADA MATERI SISTEM KOORDINASI) - Published Version
Download (375kB) | Preview

Abstract

Penggunaan model, metode dan pendekatan pembelajaran yang tepat dan bervariasi diharapkan mampu meningkatkan aktivitas selama pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Diskusi bersama guru biologi yang mengajar kelas XI di SMA N 2 Salatiga, diperoleh informasi bahwa siswa– siswi kelas XI MIA di SMA N 2 Salatiga memiliki hasil belajar di atas KKM hanya sebesar 5,5%. Penerapan Model Problem based learning (PBL) dengan metode Estafet Storytelling meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa, karena dengan bercerita siswa dapat berimajinasi dan berpikir kritis menceritakan masalah yang dihadapi sehingga siswa lebih memahami materi Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Salatiga. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA N 2 Salatiga Tahun 2016 yang berjumlah tiga kelas dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Tenik pengambilan data menggunakan tes, lembar penilaian, lembar observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan analisis aspek kognitif dari hasil uji t satu pihak dengan t hitung 4,568 lebih besar dari pada t tabel 1,67. Analisis nilai psikomotorik siswa menunjukan semua kelompok pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol tergolong memiliki nilai yang tinggi namun nilai pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rerata 97 untuk kelas eksperimen dan 94 untuk kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki hasil rerata analisis aktivitas lebih besar dari kelas kontrol dengan rerata 70,76 untuk kelas eksperimen dan 68,88 untuk kelas kontrol. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Metode Estafet Storytelling pada Materi Sistem Koordinasi mampu meningkatkan hasil belajar baik aspek Kognitif maupun Psikomotorik dan aktivitas siswa, dengan hasil posttest kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, hasil aktivitas siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol, dan hasil penilaian aspek psikomotorik kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Estafet Storytelling, PBL, Sistem Koordinasi
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 02 Jan 2018 15:10
Last Modified: 02 Jan 2018 15:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28823

Actions (login required)

View Item View Item