PENGARUH PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING PROCESS DAN PENUGASAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI EKOLOG


Sri Wiji , 4401411142 (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING PROCESS DAN PENUGASAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI EKOLOG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING PROCESS DAN PENUGASAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI EKOLOG]
Preview
PDF (PENGARUH PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING PROCESS DAN PENUGASAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI EKOLOG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Outdoor Learning Process (OLP) adalah pembelajaran luar kelas dengan memaksimalkan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar. Pada materi ekologi, pembelajaran OLP dapat dilakukan dengan observasi ekosistem perairan maupun daratan. Pembelajaran OLP masih menemukan kendala pada pengelolaan waktu, luas lokasi serta kompleknya komponen lingkungan sehingga perlu dikombinasikan dengan penugasan Mind Mapping. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran OLP dan penugasan Mind Mapping dalam peningkatan hasil belajar siswa SMA pada materi Ekologi serta mengetahui pembelajaran yang paling efektif diterapkan. Penelitian ini menggunakan rancangan pre experimental dengan pretest-posttest group design. Populasi meliputi siswa kelas X-Mia SMA Negeri 1 Juwana yang berjumlah enam kelas. Sampel sebanyak tiga kelas secara Convenience Sampling. Variabel yang diukur adalah hasil belajar siswa dari pretest-posttest materi ekologi. Tanggapan siswa dan keterlaksanaan pembelajaran diperoleh melalui angket. Hasil perbandingan antar kelas eksperimen yaitu pembelajaran OLP dengan atau tanpa penugasan Mind Mapping memperoleh hasil uji LSD N-gain tertinggi, >80% siswa memperoleh N-gain berkriteria sedang, 92% siswa memberi tanggapan sangat baik dan 94% siswa juga menilai sangat baik keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran OLP dengan atau tanpa penugasan Mind Mapping paling efektif meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: OLP, penugasan Mind Mapping , hasil belajar siswa, materi Ekologi
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 02 Jan 2018 14:49
Last Modified: 02 Jan 2018 14:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28820

Actions (login required)

View Item View Item