PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM IMUN DI SMAN 1 DEMAK


Shima Elya Fahadah , 4401411136 (2015) PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM IMUN DI SMAN 1 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM IMUN DI SMAN 1 DEMAK]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM IMUN DI SMAN 1 DEMAK) - Published Version
Download (957kB) | Preview

Abstract

Konsekuensi perkembangan dunia pembelajaran menuntut pembelajaran berpusat pada siswa. Bersadarkan hasil observasi di SMAN 1 Demak diketahui bahwa pembelajaran biologi masih menggunakan metode ceramah sehingga kurang melibatkan aktivitas belajar siswa. Siswa cenderung pasif, kurang fokus, dan kurang serius pada saat pembelajaran, terutama pada mata pelajaran biologi. Bersumber dari hal tersebut maka perlu adanya alternatif pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan dapat menumbuhkan minat belajar siswa serta memotivasi agar siswa ikut berpartisipasi aktif, salah satunya adalah dengan pembelajaran Quantum Teaching berbantuan multimedia pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Demak pada semester genap Tahun Ajaran 2014/2015 menggunakan metode quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 1 Demak, sedangkan sampel penelitian ditentukan secara purposive sampling, yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Data penelitian berupa hasil belajar kognitif siswa, hasil belajar afektif siswa, aktivitas belajar siswa, tanggapan siswa, dan tanggapan guru. Data dikumpulkan dengan metode tes, angket, dan observasi kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan uji t tidak berpasangan data N-Gain hasil belajar kognitif siswa diketahui ada perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar yang sangat signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan α = 0,01 nilai (sig) = 0,000. Hasil tersebut didukung dengan pencapaian ketuntasan belajar klasikal kelas eskperimen yang lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Siswa memberikan tanggapan yang sangat baik dengan rata-rata 95,9%. Selain itu, guru juga memberikan tanggapan yang sangat baik dengan skala 100%. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model Quantum Teaching berbantuan multimedia pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: hasil belajar; model Quantum Teaching; multimedia pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 02 Jan 2018 14:30
Last Modified: 02 Jan 2018 14:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28817

Actions (login required)

View Item View Item