PENGARUH PENGGUNAAN INDEX CARD MATCH BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL


Mahardhika Adhi Pratama, 4401411126 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN INDEX CARD MATCH BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN INDEX CARD MATCH BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL]
Preview
PDF (PENGARUH PENGGUNAAN INDEX CARD MATCH BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL) - Published Version
Download (439kB) | Preview

Abstract

Observasi yang dilakukan pada tiga SMA Negeri di Purwodadi menunjukan bahwa materi struktur dan fungsi sel merupakan materi yang sangat penting karena menjadi dasar pemahaman materi selanjutnya, namun banyak peserta didik yang tidak mendapatkan hasil belajar kognitif yang maksimal dikarenakan strategi belajar dan media pembelajaran yang kurang efektif . Strategi belajar yang sesuai dengan struktur dan fungsi sel adalah strategi yang merangsang motivasi belajar peserta didik, membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran, mempermudah peserta didik untuk memahami, dan membuat peserta didik hafal kata-kata baru dalam materi. Oleh sebab itu dibutuhkan strategi index card match bergambar untuk mengatasi permasalahan hasil belajar kognitif peserta didik. Pernyataan tersebut sejalan dengan penelitian Chen et al (2009) yang menyatakan bahwa index card match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan index card match bergambar terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi experimental design dengan desain non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kela XI jurusan MIA SMA Negeri 1 Purwodadi, sedangkan sampelnya adalah kelas XI MIA 1 (kelas eksperimen) dan MIA 2 (kelas kontrol). Data hasil belajar kognitif diperoleh dari nilai posttest, LKPD, dan laporan praktikum.Teknik analisis data menggunakan uji independent t test dengan bantuan SPSS 16.00. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 75 sedangkan nilai rata-rata kognitif kelas kontrol 70. Hasil uji independet t test menunjukan sig(2-tailed) 0,023 lebih kecil dari t tabel 0,05, ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai posttest kelas eksperimen dengan kelas konrol. Nilai akhir ranah kognitif kelas ekaperimen menunjukan ketuntasan klasikal 83% sedangkan kelas kontrol 55,5%. Nilai motivasi belajar menunjukan sig Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi belajar index card match bergambar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi struktur dan fungsi sel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, indexcard match bergambar, motivasi belajar, strategi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 02 Jan 2018 14:25
Last Modified: 02 Jan 2018 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28816

Actions (login required)

View Item View Item