PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT DENGAN MEDIA BIOKWARTET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INVERTEBRATA


Arif Rahman Hakim , 4401411124 (2015) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT DENGAN MEDIA BIOKWARTET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INVERTEBRATA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401411124.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (915kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMA N 1 Wedi diperoleh informasi pembelajaran biologi yang dilakukan di sekolah masih bersifat Teacher Centered. Hal ini mempengaruhi ketuntasan klasikal hasil belajar siswa tahun ajaran 2013/2014 yaitu sebanyak 43% siswa tidak tuntas dan 57% siswa tidak tuntas dalam materi Invertebrata dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran TGT dengan media biokwartet terhadap hasil belajar siswa pada materi Invertebrata. Penenlitian ini dikatakan berpengaruh apabila ≥75% siswa mencapai KKM sebesar 75. Penelitian dilaksanakan di SMA N 1 Wedi pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Subjek penelitian adalah siswa SMA N 1 Wedi kelas X. Sampel pada penelitian dipilih dengan metode cluster random sampling, dan diuji homogenitas menggunakan nilai pre-test. Desain penelitian yang digunakan adalah one shot case study. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dengan media biokwartet pada materi Invertebrata. Hasil belajar siswa dalam penelitian diperoleh dari nilai akhir siswa untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa secara individu maupun secara klasikal, nilai akhir yang diperoleh pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa 100% siswa tuntas dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran TGT dengan media biokwartet berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi Invertebrata di SMA N 1 Wedi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : pengaruh, TGT, biokwartet, hasil belajar, Invertebrata
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 02 Jan 2018 14:20
Last Modified: 02 Jan 2018 14:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28815

Actions (login required)

View Item View Item