IMPLEMENTASI HYPNOPARENTING DALAM PEMBENTUKAN KEDISIPLINAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PANGULIR BUDI I KERANGKULON, KECAMATAN WONOSALAM, KABUPATEN DEMAK


Ani Maghfiroh , 1601411011 (2015) IMPLEMENTASI HYPNOPARENTING DALAM PEMBENTUKAN KEDISIPLINAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PANGULIR BUDI I KERANGKULON, KECAMATAN WONOSALAM, KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601411011.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (621kB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan perlu ditanamkan sejak usia dini sebagai suatu cara untuk membantu anak agar dapat mengembangkan pengendalian diri. Mendidik anak dengan disiplin sebagai upaya orangtua untuk menuntun anak berperilaku kearah yang lebih baik. Perilaku disipin pada anak sangat diperlukan bagi anak agar memiliki budi pekerti yang baik. Oleh karena itu, disiplin sangat penting bagi perkembangan anak dengan mengenal aturan-aturan yang berlaku. Orangtua merupakan orang pertama yang bertanggung jawab terhadap pembentukan perilaku disiplin anak. Orangtua harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar memiliki konsep diri yang matang dan dapat mengambil sikap. Salah satu metode yang saat ini sedang diterapkan adalah metode hypnoparenting. Hypnoparenting memasukkan sugesti positif pada anak, sehingga anak menyimpan memori dalam pikiran bawah sadar. Berdasarkan latar belakang di atas maka, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan perilaku disiplin anak berdasarkan penerapan hypnoparenting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan perilaku disiplin anak berdasarkan penerapan hypnoparenting. hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara perilaku disiplin anak berdasarkan penerapan hypnoparenting. Penelitian ini jenis penelitian pre-eksperimental bentuk one group pretest posttest design, dengan subjek penelitian anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilksanakan di TK Pangulir Budi I Kerangkulon, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak, dengan jumlah responden 30 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan Skala Kedisiplinan Anak, sedangkan analisis data menggunakan metode Paired Sample t-Test. Hasil perhitungan dengan menggunakan Paired Sample t-Test didapatkan nilai t hitung 16,514 > t tabel 2,045 dan signifikansi (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000, sehingga terdapat perbedaan antara perilaku disiplin anak berdasarkan penerapan hypnoparenting. Berdasarkan hasil penelitian, perilaku disiplin anak setelah diberikan perlakuan hypnoparenting lebih tinggi dibandingkan dengan perilaku disiplin anak sebelum diberikan perlakuan hypnoparenting.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Hypnoparenting, Kedisiplinan Anak.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 02 Jan 2018 14:19
Last Modified: 02 Jan 2018 14:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28814

Actions (login required)

View Item View Item