PENERAPAN MODEL GUIDED NOTE TAKING DENGAN VIDEO PADA PEMBELAJARAN SISTEM SARAF DI SMP


Raga Fadhashar , 4401411120 (2016) PENERAPAN MODEL GUIDED NOTE TAKING DENGAN VIDEO PADA PEMBELAJARAN SISTEM SARAF DI SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL GUIDED NOTE TAKING DENGAN VIDEO PADA PEMBELAJARAN SISTEM SARAF DI SMP]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL GUIDED NOTE TAKING DENGAN VIDEO PADA PEMBELAJARAN SISTEM SARAF DI SMP) - Published Version
Download (872kB) | Preview

Abstract

Model Guided Note Taking (GNT) membangun keterampilan mencatat melalui lembar GNT yang diisi. Materi sistem saraf membutuhkan media yang dapat memvisualisasi gambaran nyata tentang macam-macam dan mekanisme sistem saraf kepada siswa. Video dibuat berdasarkan kompetensi dasar materi sistem saraf yang dilengkapi dengan animasi, audio, dan teks subtitle sehingga efektif untuk dipelajari siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan model GNT dengan video terhadap hasil belajar siswa materi sistem saraf di SMP. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas IX SMP Agus Salim Semarang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX-C (kelas kontrol) dan kelas IX-D (kelas eksperimen). Sampel diambil menggunakan non-random sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 86,11% siswa kelas eksperimen telah lulus Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) nilai 75. Hasil ini telah memenuhi target yaitu ≥75% siswa memperoleh nilai ≥75. Kelas kontrol memiliki ketuntasan yang lebih kecil dari kelas eksperimen, yaitu sebesar 44,44% siswa yang mampu lulus KKM. Hasil belajar afektif kelas kontrol dan kelas eksperimen sama-sama memperoleh kriteria baik, yaitu kelas kontrol dengan rata-rata 66% sedangkan kelas eksperimen sebesar 65,83%. Hasil tanggapan siswa kelas eksperimen memperoleh kriteria baik dengan rata-rata 82%. Uji hipotesis pengaruh model GNT dengan video terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai thitung > ttabel, yaitu 4,29 > 1,99. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model GNT dengan video berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa materi sistem saraf. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model GNT dengan video berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang lulus KKM dan presentase hasil belajar afektif siswa memperoleh kriteria baik, serta tanggapan siswa juga memperoleh kriteria baik. Saran dalam menggunakan model GNT sebaiknya dipadukan dengan metode belajar yang dapat mengoptimalkan indera siswa saat belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Katakunci: Guided Note Taking, hasil belajar, sistem saraf, video
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 02 Jan 2018 14:15
Last Modified: 02 Jan 2018 14:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28813

Actions (login required)

View Item View Item