KEEFEKTIFAN MODEL CIRCUIT LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN PESURUNGAN LOR 1 KOTA TEGAL


Nur Fitri Nugraheni, 1401412451 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL CIRCUIT LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN PESURUNGAN LOR 1 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412451.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (423kB) | Preview

Abstract

Guru hendaknya mampu menyajikan materi IPS yang bersifat abstrak menjadi nyata bagi siswa, sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu media dan model pembelajaran yang efektif untuk menumbuhkan minat dan mengoptimalkan hasil belajar. Model tersebut yaitu Circuit Learning dan menggunakan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model Circuit Learning berbantu media audio visual terhadap minat dan hasil belajar materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN Pesurungan Lor 1 Kota Tegal. Desain yang digunakan yaitu Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VA dan VB SDN Pesurungan Lor 1 yang berjumlah 54 siswa yang terdiri dari 26 di kelas eksperimen dan 28 di kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sebagai sampel, namun penelitian ini mengambil sampel 50 siswa karena terdapat 4 siswa yang tidak hadir saat pembelajaran. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi, tes, angket, dan rubrik. Analisis statistik yang digunakan yaitu Pearson Product Moment, Cronbach’s Alpha, Lilliefors Levene’s, dan t test. Semua penghitungan tersebut diolah menggunakan program SPSS versi 21. Berdasarkan hasil uji perbedaan data minat belajar siswa menggunakan independent samples t test menunjukkan nilai thitung > ttabel (3,793 > 2,011) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan hasil belajar menunjukkan nilai thitung > ttabel (2,933 > 2,011) dengan signifikansi 0,004 < 0,05. Pengujian keefektifan menggunakan one sample t test mendapatkan nilai thitung > ttabel (6,528 > 1,711) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan hasil belajar menunjukkan nilai thitung > ttabel (5,428 > 1,711) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil analisis korelasi antara minat dan hasil belajar menggunakan Pearson Product Moment, diperoleh nilai r sebesar 0,905 termasuk kategori sangat kuat. Selanjutnya, dilakukan uji t memperoleh nilai thitung > ttabel (14,739 > 2,011). Jadi dapat disimpulkan terdapat perbedaan minat dan hasil belajar materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V antara yang menggunakan model Circuit Learning berbantu media audio visual dan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Model Circuit Learning berbantu media audio visual efektif terhadap minat dan hasil belajar materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat dan hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, media audio visual, minat belajar, model Circuit Learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:24
Last Modified: 10 May 2019 13:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28810

Actions (login required)

View Item View Item