PERAN ORANGTUA SEBAGAI PENDIDIK DALAM PERKEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA SD DARI KOMUNITAS SEDULUR SIKEP DUSUN KARANGPACE


Tri Firdausi , 1401412447 (2016) PERAN ORANGTUA SEBAGAI PENDIDIK DALAM PERKEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA SD DARI KOMUNITAS SEDULUR SIKEP DUSUN KARANGPACE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412447.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (281kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena pandangan masyarakat umum tentang Anak Sedulur Sikep Dusun Karangpace yang dianggap berbeda dari anak lainnya, padahal sebenarnya mereka sama bahkan tutur kata mereka lebih santun dari anak lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orangtua sebagai pendidik dalam perkembangan keterampilan berbicara anak usia SD dari Komunitas Sedulur Sikep Dusun Karangpace. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa SDN 01 Klopoduwur yang berasal dari Dusun Karangpace dan juga orangtua siswa yang berasal dari Dusun Karangpace. Teknik Sampling yang digunakan adalah teknik sampel purposif dengan jumlah 7 siswa dan 4 orangtua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penilaian keterampilan berbicara, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi 4 komponen, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orangtua siswa dalam mendidik yakni termasuk didalamnya adalah aspek membimbing, membina, dan melatih dilaksanakan dengan optimal dan dengan cara yang bermacam-macam yang tidak jauh berbeda dengan orangtua pada umumnya. Dalam penelitian ini juga ditemukan tingkat keterampilan berbicara anak yang penilaiannya dilaksanakan bersamaan dengan wawancara mendalam dengan anak, yang selanjutnya dianalisis dan dinilai menggunakan rubrik penilaian. Dari penilaian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa dari 7 responden yang dinilai, 4 responden termasuk dalam kategori baik sekali, dan 3 responden lain termasuk dalam kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baik orangtua maupun anak dari komunitas Sedulur Sikep Dusun Karangpace ini memiliki kemampuan mendidik dan keterampilan berbicara yang tidak berbeda dari orangtua dan anak lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Orangtua, Keterampilan Berbicara, Sedulur Sikep.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:24
Last Modified: 10 May 2019 13:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28809

Actions (login required)

View Item View Item