PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI EKOSISTEM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP
Rohima Handayani , 4001412025 (2016) PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI EKOSISTEM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (747kB) | Preview |
Abstract
Hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 3 Ungaran menunjukkan bahwa pembelajaran IPA yang dilakukan selama ini hanya berorientasi pada fakta, teori atau hasil saja belum menekankan pada keterampilan proses. Untuk itu perlu adanya peningkatan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa, salah satunya dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang menarik siswa untuk terlibat aktif sehingga mampu mengembangkan keterampilannya. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan menerapkan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh pendekatan JAS berbantuan LKS berbasis PBL pada KPS siswa SMP dan untuk menganalisis besar pengaruh pendekatan JAS berbantuan LKS berbasis PBL pada KPS siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pra Eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ungaran semester genap tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan pertimbangan tertentu. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi, metode tes dan metode angket. Teknik analisis data dengan menggunakan uji korelasi biserial untuk mengetahui hubungan pendekatan JAS berbantuan LKS berbasis PBL dengan KPS siswa dan besar pengaruh dengan menggunakan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan dari nilai observasi diperoleh hasil uji koefisien korelasi sebesar 0,83 sehingga diperoleh hasil koefisien determinasi sebesar 68,8% sementara dari nilai posttest diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,71 dengan besar pengaruh 50,3%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dari lembar observasi penggunaan pendekatan JAS berbantuan LKS berbasis PBL berpengaruh sangat kuat terhadap KPS siswa yaitu sebesar 68,8% dan dari nilai posttest diketahui bahwa pendekatan JAS berbantuan LKS berbasis PBL berpengaruh kuat terhadap KPS siswa yaitu sebesar 50,3%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Proses Sains, Jelajah Alam Sekitar, LKS PBL |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > Special Education > Education of Natural Science |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | Indah Tri Pujiati |
Date Deposited: | 02 Jan 2018 14:02 |
Last Modified: | 02 Jan 2018 14:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28806 |
Actions (login required)
View Item |