EFEKTIVITAS PERMAINAN TONGKAT LACI PORTABLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN (STUDI EKSPERIMEN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KECAMATAN KALIWUNGU)


Oktari Wulan Maghfiroh , 1601411005 (2015) EFEKTIVITAS PERMAINAN TONGKAT LACI PORTABLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN (STUDI EKSPERIMEN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KECAMATAN KALIWUNGU). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601411005.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (529kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan kemampuan penting, satu yang pasti bahwa kita pasti membutuhkannya di masa mendatang untuk menghadapi dunia teknologi. Pengenalan matematika permulaan pada anak usia 5-6 tahun memerlukan media permainan khusus. Permainan tongkat laci portable adalah laci yang digunakan untuk mengenalkan matematika permulaan pada anak. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui efektivitas permainan tongkat laci portable untuk meningkatkan kemampuan matematika permulaan anak usia 5-6 tahun TK Aisyiyah Bustanul Athfal kecamatan Kaliwungu.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Posttest Only Control Design. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Random Sampling. Terpilihlah TK ABA 3 Sarirejo sebagai kelompok eksperimen dan TK ABA 6 Kutoharjo sebagai kelompok kontrol. Berdasarkan uji t Independent data kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah signifikan karena memiliki nilai thitung = -5,511 dengan Sig. (2 tailed) < 0,05, yaitu 0,00 Hal ini berarti bahwa kemampuan matematika permulaan pada anak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tongkat Laci Portable, Kemampuan Matematika Permulaan, Anak Usia 5-6 Tahun
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 02 Jan 2018 13:56
Last Modified: 02 Jan 2018 13:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28805

Actions (login required)

View Item View Item