PENGARUH LEMBAR DISKUSI SISWABERPENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNINGMATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA TERHADAP METAKOGNISI SISWA SMP KELAS VII
Fitri Anifatussaadah , 4001412018 (2016) PENGARUH LEMBAR DISKUSI SISWABERPENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNINGMATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA TERHADAP METAKOGNISI SISWA SMP KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (263kB) | Preview |
Abstract
Hasil observasi di SMPN 9 Semarang diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran IPA hanya terbiasa menghafalkan materi tanpa memahami materi sehingga siswa kurang bisa mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dengan kehidupan sehari- hari. Hal tersebut tentunya mempengaruhi pola berpikir siswa dalam memecahkan masalah. Hal ini membuat siswa harus menentukan pola belajar yang cocok, sehingga dapat mengetahui kemampuan pribadi secara optimal, kemampuan ini disebut dengan kemampuan metakognisi. Berdasarkan informasi tersebut, maka diperlukan adanya model pembelajaran yang dapat menumbuhkan kemampuan metakognisi. Salah satu model yang dapat dilakukan adalah problem based learning. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh problem based learning pada materi kalor dan perpindahannya terhadap metakognisi siswa smp kelas vii. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretestposttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D (kelas kontrol) dan VII E (kelas eksperimen) diambil dengan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan kuesioner. Pengaruh penerapan problem based learning terhadap metakognisi siswa dilihat dari hasil analisis korelasi biserial. Hasil pengaruh problem based learning terhadap metakognisi siswa dilihat dari koefisien korelasi biserial yaitu 0,5584. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan problem based learning berpengaruh positif terhadap metakognisi siswa SMP kelas VII.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LDS, Problem Based Learning, Metakognisi |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > Special Education > Education of Natural Science |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | Indah Tri Pujiati |
Date Deposited: | 02 Jan 2018 13:44 |
Last Modified: | 02 Jan 2018 13:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28803 |
Actions (login required)
View Item |