PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA TEMA MAKANAN DAN KESEHATAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA


Leni Rohmawati , 4001412017 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA TEMA MAKANAN DAN KESEHATAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001412017.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan sikap ilniah siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment yakni non equivalent control group design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara purposive sampling. Kelompok pertama yakni kelas VIII H sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelompok kedua yakni kelas VIII G sebagai kelas control diberi perlakuan model pembelajaran konvensional dengan metode diskusi. Analisis hasil belajar menggunakan data nilai posttest yang diuji normalitasnya untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal atau tidak menggunakan rumus Chi-kuadrat. Berdasarkan besarnya nilai x2hitung dan x2tabel dapat diketahui bahwa data nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dengan x2hitung = 1,98 dan 10,31. Analisis data korelasi biserial hasil posttest menunjukkan bahwa besar korelasi biserial (rb) sebesar 0,48. Menurut pedoman kriteria interpretasi terhadap koefisien korelasi menunjukkan pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dalam kategori sedang. Analisis data sikap ilmiah dilakukan per pertemuan. Oleh karena x2hitung > x2tabel maka data sikap ilmiah siswa tidak berdistribusi normal. Uji analisis pengaruh menggunakan Uji Korelasi Spearman dan didapatkan hasil korelasi sebesar 0,477. Menurut pedoman kriteria interpretasi terhadap koefisien korelasi menunjukkan pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Sikap Ilmiah, Tema Makanan dan Kesehatan
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 02 Jan 2018 13:36
Last Modified: 02 Jan 2018 13:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28802

Actions (login required)

View Item View Item