KEEFEKTIFAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERPENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN LITERASI SAINS


Diah Setiorini , 4001412015 (2016) KEEFEKTIFAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERPENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN LITERASI SAINS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001412015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (206kB) | Preview

Abstract

literasi sains Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berpendekatan saintifik terhadap peningkatan keterampilan proses sains dan literasi sains. Desain dari penelitian ini adalah control group pretest post-test desain. Sampel diambil secara purposive sampling dan didapatkan kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII H sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini adalah data nilai pretest-posttest dan data observasi keterampilan proses sains, data observasi literasi sains, dan angket tanggapan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan data pretest-postest N-gain untuk kelas kontrol 0,13 (rendah), sedangkan kelas eksperimen 0,47 (sedang). Hasil analisis uji t memperlihatkan t hitung 4,36 sedangkan t tabel 1,67. Berdasarkan observasi, persentase rata-rata keterampilan proses sains kelas kontrol pada pertemuan pertama adalah 38,70% (tidak baik), pada pertemuan keempat adalah 52,55% (cukup baik), sedangkan kelas eksperimen pada pertemuan pertama adalah 44,00% (cukup baik), pada pertemuan keempat adalah 92,5% (sangat baik). Untuk kelas kontrol persentase rata-rata literasi sains aspek sikap pada pertemuan pertama adalah 45,54% (jelek), pada pertemuan keempat 57,14% (kurang), sedangkan pada kelas eksperimen 41,09% (jelek) pada pertemuan keempat adalah 87,04% (sangat baik). Angket tanggapan peserta didik terhadap keefektifan LKPD berpendekatan saintifik memperoleh persentase ratarata skor 84,60 % (sangat baik). Simpulan yang didapat dalam penelitian ini yaitu LKPD berpendekatan saintifik efektif meningkatkan keterampilan proses sains dan LKPD berpendekatan saintifik efektif meningkatkan literasi sains.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kegiatan Peserta Didik, keterampilan proses sains
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 02 Jan 2018 13:29
Last Modified: 02 Jan 2018 13:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28801

Actions (login required)

View Item View Item