KEEFEKTIFAN MODEL CTL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TEMA BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA


Nur Rokhmah Fitriani , 4001412013 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL CTL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TEMA BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001412013.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (248kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA di sekolah dapat diterapkan dengan menghubungkan materi dalam pembelajaran dengan kehidupan nyata. Namun, pembelajaran IPA di SMP Negeri 10 Magelang belum menekankan pemahaman siswa sendiri secara aktif untuk mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata. Pembelajaran IPA menggunakan model CTL berbasis inkuiri terbimbing menerapkan pembelajaran dimana guru akan memberikan pertanyaan awal kepada siswa mengenai permasalahan atau kejadian yang ada di kehidupan sehari-hari, kemudian siswa melakukan eksperimen untuk membuktikan konsep IPA dengan dibimbing oleh guru.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model CTL berbasis inkuiri terbimbing tema bahan kimia dalam kehidupan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi experimental design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 10 Magelang dengan subjek penelitian siswa kelas VIII. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIIIA sebagai kelas ekperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan nilai N-gain sebesar 0,62 dengan kriteria sedang. Serta kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar lebih tinggi dibanding kelas kontrol berdasarkan perhitungan t test dengan nilai thitung ≥ ttabel (5,42 ≥ 1,67). Keaktifan siswa kelas eksperimen juga mengalami peningkatan setiap pertemuan pertama dari 36,9% kriteria kurang aktif, pertemuan kedua menjadi 60,5% cukup aktif, pertemuan ketiga 78,2% dengan kriteria aktif dan pada pertemuan keempat menjadi 81,4% sangat aktif. Dengan demikian, model CTL berbasis inkuiri terbimbing efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CTL, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Keaktifan Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 02 Jan 2018 13:21
Last Modified: 02 Jan 2018 13:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28800

Actions (login required)

View Item View Item