PENGARUH PETUNJUK PRAKTIKUMGUIDEDDISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN MELAKUKAN PERCOBAAN DAN MENGKOMUNIKASIKANHASIL PADA TEMATEKANAN


Ulfiana Dyah Ismirianti , 4001412005 (2016) PENGARUH PETUNJUK PRAKTIKUMGUIDEDDISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN MELAKUKAN PERCOBAAN DAN MENGKOMUNIKASIKANHASIL PADA TEMATEKANAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001412005.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (467kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan di SMP N 4 Kudus ditemukan beberapa kendala yaitu pembelajaran IPA sering menggunakan metode ceramah, sehingga peserta didik pasif, padahal sekolah memiliki fasilitas berupa laboratorium IPA yang cukup lengkap. Salah satu cara meningkatkan keaktifan peserta didik dan melatih keterampilan proses adalah dengan adanya petunjuk praktikum guided discovery. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh petunjuk praktikum guided discovery tema tekanan terhadap keterampilan melakukan percobaan dan keterampilan mengkomunikasikan hasil. Desain penelitian ini yaitu Two-group posttest only dengan teknik simple random sampling yang diuji homogenitas terlebih dahulu. Digunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan petunjuk praktikum guided discovery dan kelas kontrol menggunakan petunjuk praktikum biasa. Pengaruh petunjuk praktikum guided discovery terhadap keterampilan melakukan percobaan melalui test sebesar 5,004% sedangkan hasil observasi percobaan pertama sampai keenam sebesar 9,340%; 12,85%; 25,33%; 21,52%; 16,90%; dan 51,33%. Pengaruh petunjuk praktikum guided discovery terhadap keterampilan mengkomunikasikan hasil melalui test sebesar 18,05% sedangkan untuk data hasil observasi percobaan pertama sampai keenam sebesar 6,250%; 17,16%; 24,08%; 23,99 %; 11,03%; dan 32,15 %.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: petunjuk praktikum, guided discovery, keterampilan melakukan percobaan, keterampilan mengkomunikasikan hasil.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 02 Jan 2018 13:13
Last Modified: 02 Jan 2018 13:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28799

Actions (login required)

View Item View Item