EFEKTIVITAS MODEL MAKE A MATCH BERBASIS GUIDED INQUIRY TEMA EKOSISTEM PADA SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA


Kartika Dwi Rahayu , 4001412003 (2016) EFEKTIVITAS MODEL MAKE A MATCH BERBASIS GUIDED INQUIRY TEMA EKOSISTEM PADA SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001412003.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (279kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi dan wawancara di SMP N 1 Jenangan diperoleh informasi bahwa sikap ilmiah dan keterampilan proses sains siswa belum optimal dikembangkan. Model pembelajaran yang dapat mengembangkan sikap ilmiah dan keterampilan proses sains siswa yaitu model make a match berbasis guided inquiry pada tema ekosistem. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas model make a match berbasis guided inquiry pada sikap ilmiah dan keterampilan proses sains siswa. Desain yang digunakan nonequivalent control group, dengan sampel kelas VII A (kelas eksperimen) dan VII F (kelas kontrol). Pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, observasi dan angket. Berdasarkan analisis deskriptif dan uji statistik model make a match berbasis guided inquiry tema ekosistem efektif pada sikap ilmiah dan keterampilan proses sains siswa. Hal ini ditunjukkan dari persentase rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Make a Match, Guided Inquiry, Tema Ekosistem, Sikap Ilmiah, dan Keterampilan Proses Sains.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 02 Jan 2018 13:08
Last Modified: 02 Jan 2018 13:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28798

Actions (login required)

View Item View Item