EFEKTIVITAS MODEL MAKE A MATCH BERBASIS GUIDED INQUIRY TEMA EKOSISTEM PADA SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
Kartika Dwi Rahayu , 4001412003 (2016) EFEKTIVITAS MODEL MAKE A MATCH BERBASIS GUIDED INQUIRY TEMA EKOSISTEM PADA SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (279kB) | Preview |
Abstract
Hasil observasi dan wawancara di SMP N 1 Jenangan diperoleh informasi bahwa sikap ilmiah dan keterampilan proses sains siswa belum optimal dikembangkan. Model pembelajaran yang dapat mengembangkan sikap ilmiah dan keterampilan proses sains siswa yaitu model make a match berbasis guided inquiry pada tema ekosistem. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas model make a match berbasis guided inquiry pada sikap ilmiah dan keterampilan proses sains siswa. Desain yang digunakan nonequivalent control group, dengan sampel kelas VII A (kelas eksperimen) dan VII F (kelas kontrol). Pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, observasi dan angket. Berdasarkan analisis deskriptif dan uji statistik model make a match berbasis guided inquiry tema ekosistem efektif pada sikap ilmiah dan keterampilan proses sains siswa. Hal ini ditunjukkan dari persentase rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Make a Match, Guided Inquiry, Tema Ekosistem, Sikap Ilmiah, dan Keterampilan Proses Sains. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > Special Education > Education of Natural Science |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | Indah Tri Pujiati |
Date Deposited: | 02 Jan 2018 13:08 |
Last Modified: | 02 Jan 2018 13:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28798 |
Actions (login required)
View Item |