PENGARUH PENERAPAN GROUP INVESTIGATION BERBANTU TEKA-TEKI SILANG PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAPKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP


Delia Uma Zela Sazati , 4001411020 (2015) PENGARUH PENERAPAN GROUP INVESTIGATION BERBANTU TEKA-TEKI SILANG PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAPKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001411020.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (305kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Boja. Pembelajaran yang berlangsung di SMP Negeri 1 Boja masih menunjukkan pembelajaran menggunakan model ceramah, media yang digunakan di sekolah masih menggunakan media-media yang sudah ada seperti Power point (PPT) dan beberapa gambar (charta). Penggunaan model ceramah membuat siswa cenderung pasif dalam mengikuti proses pembelajaran, hal ini mengakibatkan kurangnya keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan group investigation berbantu teka-teki silang pada materi ekosistem terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar, serta untuk mengetahui tanggapan siswa tentang model pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dengan metode tes yaitu preetest dan posttest, dan metode angket (tanggapan siswa tentang model). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata keterampilan berpikir kritis (posttest) kelas eksperimen (72,00) lebih tinggi dari kelas kontrol (49,00). Uji-t data keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh thitung>ttabel berarti keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Rerata hasil belajar siswa kelas eksperimen (83,59) lebih tinggi dari kelas kontrol (78,00). Uji-t data hasil belajar siswa diperoleh thitung>ttabel berarti hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Pengaruh model dan media pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem dengan kontribusi masing-masing sebesar 84% dan 24%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Teka-teki silang, Keterampilan Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 02 Jan 2018 13:03
Last Modified: 02 Jan 2018 13:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28797

Actions (login required)

View Item View Item