PENGARUH PEMBELAJARAN CTL BERBANTUAN GALLERY WALK TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN


Chafid Rohman , 4001411002 (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN CTL BERBANTUAN GALLERY WALK TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001411002.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (617kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran CTL berbantuan gallery walk terhadap pemahaman konsep siswa, pengaruh pemahaman konsep siswa terhadap karakter peduli lingkungan, dan respon siswa terhadap pembelajaran CTL berbantuan gallery walk di SMP Negeri 1 Boja. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran CTL berbantuan gallery walk, dan VII F sebagai kelas kontrol diberi perlakuan metode diskusi berbantuan LDS. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data pretest-postest dengan metode test, data karakter peduli lingkungan dengan metode observasi, dan data respon siswa dengan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan rerata hasil postest (pemahaman konsep) kelas eksperimen adalah 85,18 dan nilai N-Gain sebesar 0,67 dengan kategori sedang. Perbedaan hasil pemahaman konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol diperkuat dengan uji t dimana thitung yang diperoleh (4,15) lebih besar dari ttabel (1,67). Pembelajaran CTL berbantuan gallery walk memberikan pengaruh sebesar 24,39% terhadap pemahaman konsep sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pemahaman konsep siswa terhadap karakter peduli lingkungan siswa sebesar 19,24% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan kata lain pemahaman konsep siswa tentang lingkungan hidup berpengaruh terhadap karakter peduli lingkungan. Hasil analisis angket respon siswa terhadap pembelajaran CTL berbantuan gallery walk menunjukkan respon yang positif dengan persentase 85,74% dan dikategorikan sangat baik. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pembelajaran CTL berbantuan gallery walk berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep, pemahaman konsep berpengaruh positif terhadap karakter peduli lingkungan, dan respon positif siswa pada tema pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran CTL Berbantuan Gallery Walk, Pemahaman Konsep, Karakter Peduli Lingkungan.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 02 Jan 2018 12:58
Last Modified: 02 Jan 2018 12:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28796

Actions (login required)

View Item View Item