PENGEMBANGAN MODUL IPA TOPIK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP BERBASIS LEARNING CYCLE 5-E UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII


Lutfi Nurhidayati , 4001410041 (2015) PENGEMBANGAN MODUL IPA TOPIK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP BERBASIS LEARNING CYCLE 5-E UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik modul IPA berbasis learning cycle yang layak dikembangkan serta pengaruh penggunaan modul IPA berbasis learning cycle terhadap keaktifan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang merujuk pada teori Sugiyono. Subjek dalam penelitian ini adalah 46 siswa kelas VII B dan 10 siswa kelas VIII MTs N 1 Rakit. Data yang dianalisis adalah hasil penilaian kelayakan modul tahap I dan II, tanggapan guru dan siswa, hasil belajar siswa, keaktifan siswa serta pengaruh penggunaan modul terhadap keaktifan siswa. Hasil penilaian tahap I mendapatkan skor rata-rata 100%. Penilaian tahap II mendapat skor ratarata komponen isi 87,25%, komponen kebahasaan 88,25% dan komponen kegrafikan 89,25% dengan kriteria sangat layak. Ketuntasan klasikal sebesar 91,00%. Keaktifan klasikal sebesar 75% dengan kriteria aktif, peningkatan keaktifan sebesar 0,52 dengan kriteria sedang, dan korelasi antara penggunaan modul dengan keaktifan didapat sebesar 0,759.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul, learning cycle, klasifikasi makhluk hidup
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 02 Jan 2018 12:53
Last Modified: 02 Jan 2018 12:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28795

Actions (login required)

View Item View Item