PENGARUH PENERAPAN LKS IPA BERBASIS NUMBERED HEADS TOGETHERTEMA ENERGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA


Subhan , 4001409085 (2016) PENGARUH PENERAPAN LKS IPA BERBASIS NUMBERED HEADS TOGETHERTEMA ENERGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001409085.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di MTs. Al Hamidiyyah Wringinjajar proses pembelanjarannya belum berjalan sebagaimana mestinya. Peran guru yang masih dominan dari siswa pada kegiatan pembelajaran IPA (metode ceramah), Hasil belajar siswa kelas VIII pada materi Energi periode 2015/2016 belum mencapai KKM. Siswa dinyatakan tuntas belajar, apabila nilai IPA yang dicapai 70-75 ini tergantung dari ketetapan masing –masing pendidikan. Solusi yang diberikan untuk mengatasi permasalahan diatas adalah melakukan penerapan LKS berbasis Numbered Heads Together (NHT) di MTs Al Hamidiyyah. Numbered Heads Together (NHT)menjadi salah satu model pembelajaran koperatif yang dapat meningkatakan rangsangan terhadap pola interaksi dan keaktifan siswa, sebab setiap siswa mempunyai tanggung jawab secara individual terhadap pembelajaran dalam kelompok, sehingga dapat menciptakan mental siswa yang selalu siap yang tidak lagi tergantung pada temannya. Hasil belajar IPA antara kelas kontrol model pembelajaran tanpa menggunakan LKS IPA berbasis Numbered Heads Together (NHT) dengan media kartu) dengan kelas eksperimen (model pembelajaran dengan menggunakan LKS IPA berbasis Numbered Heads Together (NHT) dengan media kartu) pada siswa kelas VIII di MTs Al Hamidiyyah Mranggen Demak. Tabel tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata (mean) hasil belajar kelas kontrol sebesar 72.77 dan nilai rata-rata (mean) hasil belajar kelas eksperimen sebesar 83.53. Selisih rata-rata (mean) hasil belajar IPA kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 10,76. Dilihat dari nilai mean kelas kontrol dan nilai mean kelas eksperimen tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan dan perolehan hasil belajar IPA dengan model pembelajaran menggunakan LKS IPA berbasis Numbered Heads Together (NHT) dengan media kartu siswa kelas VIII di MTs Al Hamidiyyah Mranggen Demak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, materi energi, LKS berbasis NHT
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 02 Jan 2018 12:35
Last Modified: 02 Jan 2018 12:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28793

Actions (login required)

View Item View Item