PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI XVII KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI


Isti Sulistyowati , 1601411002 (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI XVII KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601411002.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (715kB) | Preview

Abstract

Kemampuan kerjasama merupakan proses sosial yang penting untuk anak usia dini sebagai tujuan untuk menumbuhkan rasa kasih sayang, mengenalkan sikap gotong royong dan mengajarkan anak untuk berbagi, karena sebagian besar anak diawal usia 5-6 tahun masih memiliki sikap egosentris. Salah satu cara yang diterapkan guna meningkatkan kemampuan kerjasama anak adalah dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat, yaitu metode pembelajaran proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh penerapan metode pembelajaran proyek dalam meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi XVII Jatisrono. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimental dengan tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling dengan TK Pertiwi XVII Jatisrono sebagai kelompok eksperimen dan TK Pertiwi XII Jatisrono sebagai kelompok kontrol.Uji hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan peningkatan nilai mean sebesar 16.96 dimana skor rata-rata awal adalah 68.47 dan meningkat menjadi 85.43, dengan korelasi 0,357 > 0.05. Artinya ada hubungan erat antara variabel bebas (metode proyek) dengan variabel terikat (kemampuan kerjasama). Nilai t yang diperoleh sebesar 6.013 dengan nilai t tabel sebesar 2.021. Karena nilai t hitung> t tabel yaitu 6.013 > 2.021 maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai tes kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun.Peningkatan yang terjadi adalah 24.78%, peningkatan ini dilihat dari peningkatan skor pretest dan posttest kelompok eksperimen. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan melalui penerapan metode pembelajaran proyek terhadap peningkatan kemampuan kerjasama anak pada kelompok eksperimen. Artinya penerapan metode pembelajaran proyek dalam penelitian ini mampu meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun.Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya memberikan pembelajaran yang sesuai dengan konteks pribadi anak usia dini melalui penggunaan metode pembelajaran yang tepat, menyenangkan dan cocok untuk mengembangkan dimensi perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran proyek, Kemampuan kerjasama, Anak Usia 5-6 Tahun.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 02 Jan 2018 13:44
Last Modified: 02 Jan 2018 13:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28791

Actions (login required)

View Item View Item