KUALITAS ISI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA PASTI BISA PEMBAHASAN TUNTAS KOMPETENSI BAHASA INDONESIA UNTUK SMP DAN MTs KELAS VII ASPEK MENULIS TERBITAN ESSIS THE INNOVATIVE LEARNING


Anik Sholikatun , 2101406669 (2010) KUALITAS ISI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA PASTI BISA PEMBAHASAN TUNTAS KOMPETENSI BAHASA INDONESIA UNTUK SMP DAN MTs KELAS VII ASPEK MENULIS TERBITAN ESSIS THE INNOVATIVE LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KUALITAS ISI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA PASTI BISA PEMBAHASAN TUNTAS KOMPETENSI BAHASA INDONESIA UNTUK SMP DAN MTs KELAS VII ASPEK MENULIS TERBITAN ESSIS THE INNOVATIVE LEARNING]
Preview
PDF (KUALITAS ISI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA PASTI BISA PEMBAHASAN TUNTAS KOMPETENSI BAHASA INDONESIA UNTUK SMP DAN MTs KELAS VII ASPEK MENULIS TERBITAN ESSIS THE INNOVATIVE LEARNING) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Buku teks berperan penting dalam proses belajar mengajar. Buku teks berfungsi sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar dalam mata pelajaran tertentu. Guru dan siswa membutuhkan buku teks untuk membantu proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Buku teks yang disusun dan dikembangkan sesuai kurikulum yang berlaku akan sangat membantu guru dalam pemilihan materi dan penyampaian materi. Buku teks yang baik akan sangat membantu siswa dalam menguasai materi dan dapat memperluas pengetahuannya. Kualitas pembelajaran menulis bahasa Indonesia pun sangat ditentukan oleh kualitas materi menulis yang terdapat dalam buku teks bahasa Indonesia. Masalah penelitian ini adalah bagaimana kualitas isi buku teks bahasa Indonesia aspek menulis untuk siswa SMP kelas VII terbitan Esis The Innovative Learning dengan rincian: (1) Bagaimana kesesuaian materi buku teks bahasa Indonesia aspek menulis untuk siswa SMP kelas VII terbitan Esis The Innovative Learning dengan KTSP? (2) Bagaimana relevansi materi buku teks bahasa Indonesia aspek menulis untuk siswa SMP kelas VII terbitan Esis The Innovative Learning ditinjau dari segi tujuan pendidikan? (3) Bagaimana kebenaran materi buku teks bahasa Indonesia aspek menulis untuk siswa SMP kelas VII terbitan Esis The Innovative Learning ditinjau dari segi ilmu bahasa dan ilmu sastra? (4) Bagaimana kesesuaian materi buku teks bahasa Indonesia aspek menulis untuk siswa SMP kelas VII terbitan Esis The Innovative Learning dengan tingkat perkembangan kognitif siswa? Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan deskriptif dalam penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan kulitas isi dari tiap materi menulis yang disajikan dalam buku teks bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII terbitan Esis The Innovative Learning. Data dalam penelitian ini adalah materi bahasa Indonesia aspek menulis buku Pasti Bisa Pembahasan Tuntas Kompetensi Bahasa Indonesia untuk SMP dan MTs Kelas VII terbitan Esis The Innovative Learning. Adapun sumber data penelitian ini adalah bahan ajar yang berupa buku teks bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII terbitan Esis The Innovative Learning Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak, pilah dan catat. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik iii analisis isi. Penyajian hasil analisis data menggunakan metode formal dan informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas isi buku teks bahasa Indonesia aspek menulis untuk siswa SMP kelas VII terbitan Esis The Innovative Learning tergolong baik. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan (1) kesesuaian isi denan kurikulum adalah 80%, (2) reklevansi materi ditinjau dari segi tujuan pendidikan adalah 90%, (3) kebenaran materi diinjau dari ilmu bahasa dan ilmu sastra adalah 90%, dan (4) kesesuaian materi dengan tingkat kognitif siswa adalah 90 %. Berdasarkan analisis tersebut, saran yang dapat diberikan antara lain para guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas hendaknya memprioritaskan buku teks yang sesuai dengan kurikulum. Penerbit hendaknya selektif dalam menerbitkan buku teks dengan memperhatikan kualitas isi buku teks yang akan diterbitkan. Penulis buku hendaknya ketika menyusun buku teks memperhatikan kesesuaian materi dengan kurikulum, relevansi materi dengan tujuan pendidikan, kesesuaian materi dengan kebenaran ilmu bahasa dan sastra Indonesia, kesesuaian materi dengan tingkat kognitif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas isi, buku teks, aspek menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2011 03:03
Last Modified: 25 Apr 2015 04:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2879

Actions (login required)

View Item View Item