PEMBELAJARAN SENI TARI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VII D DI SMP NEGERI 1 MLONGGO


Bernike Marlinda, 2501409079 (2016) PEMBELAJARAN SENI TARI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VII D DI SMP NEGERI 1 MLONGGO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501409079.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (344kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Seni Tari Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VII D Di SMP Negeri 1 Mlonggo merupakan pembelajaran seni budaya khususnya seni tari dalam memanfaatkan pentingnya penggunaan media pembelajaran sebagai faktor penunjang pembelajaran berjalan secara maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah proses pembelajaran seni tari dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas VII D di SMP Negeri 1 Mlonggo?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: Menjelaskan proses pembelajaran seni tari dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas VII D di SMP Negeri 1 Mlonggo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan pedagogik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Pada teknik analisis data peneliti menggunakan tiga alur kegiatan yang harus dilakukan yaitu: mereduksi data, menyajikan data, serta menarik kesimpulan dalam proses pembelajaran yang berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Mlonggo melaksanakan proses pembelajaran dengan 3 tahap yaitu: 1) Persiapan terdiri dari Silabus dan RPP, 2) Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar terdiri dari peserta didik, guru, tujuan pembelajaran, proses pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, kurikulum, bahan pembelajaran, dan ruang pembelajaran yang kondusif, 3) Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar dengan menggunakan media audio visual terdiri dari: pembukaan, inti, dan penutup. Pelaksanaan proses belajar mengajar seni tari dengan menggunakan media audio visual, peserta didik mampu menguasai materi dengan baik dan lebih mudah. Saran terkait penelitian yang sudah dilakukan yaitu penggunaan media audio visual sebagai salah satu variasi guru dalam menyampaikan materi pelajaran ditanggapi dengan baik oleh para siswa dan memotivasi mereka untuk lebih menyukai pembelajaran seni tari sehingga rasa cinta terhadap kebudayaan daerah lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Seni Tari, Media Audio Visual
Subjects: L Education > Special Education > Art education
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 29 Dec 2017 17:11
Last Modified: 29 Dec 2017 17:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28789

Actions (login required)

View Item View Item