PENGEMBANGAN KREATIVITAS MUSIK DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA (MUSIK) DI SMA NEGERI 1 PATI


Yohanes Kristiawan, 2501409038 (2016) PENGEMBANGAN KREATIVITAS MUSIK DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA (MUSIK) DI SMA NEGERI 1 PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501409038.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (245kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran musik sangat penting untuk merangsang perkembangan kreativitas seseorang ataupun sebaliknya. Oleh karena itu permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran yang dilakukan dalam pengembangan kreativitas musik dan hasilnya pada pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Pati. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab dan mendeskripsikan tentang: 1) tahapan-tahapan pembelajaran yang dilakukan dalam pengembangan kreativitas musik pada pembelajaran seni budaya. 2) Menggambarkan hasil dari pengembangan kreativitas musik dalam pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Pati. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis model interaktif. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran seni budaya (musik) dalam pengembangan kreativitas musik di SMA Negeri 1 Pati terdiri dari tiga hal yang dikaji yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian, guru sudah melaksanakan dalam hal pelaksanaan dan penilaian. Dalam hal perencanaan, terdapat ketidaksesuaian yang tercermin pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). 2) Hasil pengembangan kreativitas musik dalam pembelajaran seni budaya (musik) di SMA Negeri 1 Pati dengan faktor-faktor utama dalam pembelajaran yang meliputi tugas, kerja sama kelompok, serta keseimbangan antara pemahaman dan keterampilan telah dilaksanakan dalam pembelajaran seni musik di SMA Negeri 1 Pati. Hal tersebut tercermin dengan adanya tugas-tugas yang diberikan guru dengan melibatkan keaktifan siswa melakukan kegiatan-kegiatan musik dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disarankan sebagai berikut: 1) Bagi siswa, hendaknya lebih telaten dan konsentrasi dalam mempelajari berbagai jenis alat musik agar lebih cepat menguasai alat musik yang diajarkan. 2) Bagi setiap guru hendaknya memiliki kreativitas yang tinggi untuk memilih dan menentukan media pembelajaran yang tepat agar dapat membangkitkan minat dan kreativitas siswa. Guru hendaknya bersikap demokrasi dengan memberikan kebebasan kepada siswa untuk berpendapat dan membiasakan siswa untuk belajar mandiri sehingga kreativitas musik siswa dapat tercipta dengan sendirinya. Sedangkan dalam hal penilaian, hendaknya guru lebih terperinci dalam membuat kriteria penilaian agar tampak terlihat tercapai atau tidaknya indikator pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kreativitas Musik, Pembelajaran Seni Budaya (Musik)
Subjects: L Education > Special Education > Music Education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 29 Dec 2017 16:38
Last Modified: 29 Dec 2017 16:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28786

Actions (login required)

View Item View Item