REMEDIAL TEACHING UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN


Hasan Hafid , 4101412173 (2016) REMEDIAL TEACHING UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412173.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (388kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan kesulitan belajar siswa dalam belajar matematika. Kesulitan belajar siswa dapat terlihat dari rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiagnosis kesulitan belajar siswa dalam kemampuan pemecahan masalah berdasarkan prosedur Newman ditinjau dari letak, faktor penyebab, dan sifat kesulitan belajar siswa, dan melaksanakan remedial teaching untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share diajarkan kepada siswa untuk mengajarkan kemampuan pemecahan masalah pada materi Geometri sub materi Jarak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif peneliti dapat berhubungan langsung dengan responden untuk mengetahui lebih cermat hal-hal yang berhubugan dengan kesulitan belajar siswa.Pengumpulan data dilakukan dengan tes diagnostik, angket, dan wawancara. Subjek penelitian adalah sembilan siswa kelas X Mipa 1 di SMA Negeri 1 Petarukan yang diambil dengan purposive samplingyaitu 3 siswa pada kelompok atas, tengah, dan bawah. Hasil penelitian ini adalah: 1) kualitas pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Shareyang diajarkan dinilai dari perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran yaitukinerja guru saat pembelajaran dan aktivitas siswa sudah baik; 2) kebanyakan letak kesulitan belajar siswa adalah pada tahap memahami (comprehension) dan tranformasi. Semua siswa mengalami kesalahan pada tahap comprehension. Untuk kesalahan process skill dan encoding terjadi karena siswa mengalami kesalahan pada tahap sebelumnya. Faktor penyebab kesalahan adalah materi prasyarat yang belum dikuasai, yaitu materi pythagoras dan bentuk akar. Temuan faktor penyebab kesulitan belajar siswa yaitu 3 siswa mengalami kesulitan belajar bersifat fisiologis, 5 siswa bersifat psikologis, 1 siswa bersifat pedagogis, 6 siswa bersifat sosiologis; 3) remedial teaching berhasil mengatasi kesulitan belajar sebanyak 8 dari 9 siswa atau 89% siswa. Sehingga dapat dikatakan remedial teaching efektif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Pemecahan Masalah, Prosedur Newman, Remedial Teaching
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 29 Dec 2017 15:08
Last Modified: 29 Dec 2017 15:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28780

Actions (login required)

View Item View Item